Site icon Cenderawasih Pos

Jelang Natal dan Tahun Baru Waspadai Isu Hoax

Pejabat Wali Kota Jayapura,  Frans Pekey

JAYAPURA– Pejabat Walikota Jayapura,  Dr. Frans Pekey, meminta masyarakat di kota Jayapura supaya tidak termakan isu atau hoax. Dia mengatakan belakangan ini banyak isu yang berseliweran melalui media sosial terutama terkait dengan ketersediaan bahan kebutuhan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru juga termasuk situasi Kamtibmas di wilayah kota Jayapura.

   “Saya minta masyarakat supaya tidak terpengaruh dengan adanya isu hoax,  isu yang kebenarannya belum tentu ada.  Sehingga saya berharap juga masyarakat bisa memilah setiap informasi yang masuk,” kata Frans Pekey, Kamis (21/12).

   Dia mencontohkan beberapa hari belakangan ini adanya informasi yang tersebar terjadinya kelangkaan minyak goreng di tengah masyarakat.  Namun setelah dicek kebenarannya ternyata informasi itu hoax alias tidak benar.  Sebab, ketersediaan minyak goreng di Kota Jayapura dari hasil pemantauan yang sudah dilakukan pihaknya, itu tidak ada masalah dan dipastikan dapat menjawab kebutuhan masyarakat di kota Jayapura baik selamat Natal maupun tahun baru.

    Isu-isu seperti ini justru menimbulkan kepanikan di kalangan masyarakat dan pada akhirnya bisa saja masyarakat melakukan penimbunan terhadap barang-barang kebutuhan pokok.  Dan ini jelas-jelas sangat merugikan masyarakat banyak apabila sampai benar-benar terjadi.

   “Jadi sekali lagi ini sangat penting supaya masyarakat tidak boleh termakan dengan isu-isu seperti ini,  termasuk isu-isu hoax yang berkaitan dengan kondisi Kamtibmas di wilayah kota Jayapura,” ujarnya.

   Terkait Kamtimbas, sejauh ini di wilayah Pemkot Jayapura aman dan terkendali dalam menyambut Natal dan Tahun Baru, termasuk dalam proses dan tahapan menjelang Pemilu 2024. Tentunya pihaknya juga terus membangun koordinasi dan komunikasi dengan pihak keamanan baik TNI maupun Polri.

   “Polri juga terus melakukan patroli  di masyarakat. Jadi saat ini situasi Kamtibmas di wilayah kota Jayapura aman dan terkendali,” pungkasnya. (roy/tri)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version