Site icon Cenderawasih Pos

Tingkatkan Skill Tenaga Medis, RS Provita Datangkan Ahli dari Singapura

Para dokter saat menyaksikan proses operasi melalui Live Surgery, dimana operasi dilakukan di RS Provita, Jumat (17/11). (foto:Elfira/Cepos)

JAYAPURA –Rumah Sakit Provita jadi tuan rumah tempat dihelatnya Simposium, Workshop dan Live Surgery “Minimally Invasive Surgery”. Dimana kegiatan ini digelar di dua tempat, di Rumah Sakit Provita dan Hotel Mercure berlangsung selama dua hari (17-18/11).

   Direktur Rumah Sakit Provita Jayapura, Fansca Titaheluw mengatakan, kegiatan tersebut sebagai penguatan keterampilan, serta pengetahuan dokter spesialis bedah, perawat bedah dan  juga dokter umum terkait pelayanan bedah “minimally invasive surgery”

   “Dalam kegiatan ini, kita (RS Provita-red) menjadi tuan rumah. Dengan memfasilitasi para dokter spesialis bedah, perawat kamar bedah dan juga dokter umum. Untuk belajar tentang operasi menggunakan alat bedah minimally invasive atau dengan alat Laparoskopi,” terang Fansca kepada Cenderawasih Pos, Jumat (17/11).

   Adapun Narasumbernya kata drg. Fansca, diantaranya Prof Davide Lomanto, MD yang berasal dari Singapura, Barlian Sutudja, MD yang berasal dari Jakarta, Donald Aronggear, MD, dari Jayapura, Kipasanang Akemah, MD, berasal dari Makassar, Imam Sofii, MD, dari Yogyakarta dan Ronald Lusikooy, MD.

  “Ada sebanyak 100 peserta yang mengikuti kegiatan ini, mereka adalah para dokter yang berasal dari Kota Jayapura, Kabupaten Keerom, Nabire, Serui, Biak, Timika dan ada juga dari Makassar,” jelasnya.

  Lanjutnya, rangkaian kegiatan ini sasarannya adalah dokter spesialis bedah, perawat  bedah dan juga dokter umum. Dari jumlah 100 peserta, 30 orang diantaranya adalah dokter bedah.

“Kegiatan yang kami gelar ini untuk peningkatan skill dan kompetensi bagi para dokter yang ada di tanah Papua,” ucapnya.

   Adapun kegiatannya, untuk hari pertama Symposium minimally invasive surgery, dan workshop minimally invasive surgery for nurse yang digelar di Mercure Hotel, (17/11).

  “Kegiatan hari pertama ada live surgery, dimana operasinya dilakukan di RS  Provita namun akan ditonton oleh peserta di Hotel Mercure. Dalam operasi ini, kami sediakan 6 pasien akan dilakukan tindakan atas kasus usus buntu, batu empedu dan operasi hernia,” terangnya.

   Sementara hari kedua, suturing course dan hands on workshop stapled hemorrhoidopexy. Dua kegiatan tersebut akan diselenggarakan di RS Provita, pada Sabtu (18/11) hari ini. (fia/tri)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version