Site icon Cenderawasih Pos

PAD Over Target, Mitra Pajak dan Wajib Pajak Dapat Award

Pj Gubernur Papua didampingi Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri saat menyerahkan penghargaan PAD Award kepada mereka yang berhak menerimanya, Senin (11/12). (foto: Elfira/Cepos)

JAYAPURA – Pemerintah Provinsi Papua memberikan penghargaan PAD Award kepada mitra pajak daerah dan wajib pajak. Penghargaan diberikan karena dinilai telah memberikan kontribusi bagi PAD Provinsi Papua.

  Pj Gubernur Papua, M Ridwan Rumasukun mengatakan, PAD Award adalah salah satu bentuk upaya mewujudkan masyarakat yang maju, mandiri sejahtera yang berkeadilan. Karena itu, pemberiaan PAD Award 2023 harus lebih dari sekedar acara yang sifatnya seremonial belaka.

  “PAD Award harus mampu memberikan kontribusi dan komitmen berinovasi mewujudkan pembangunan melalui karya nyata. PAD Award ini juga agar Pemprov Papua tetap berperan dalam meningkatkan pendapatan daerah di masa sulit dari keuangan,” ucap Gubernur yang menyerahkan secara langsung penghargaan Award pada kegiatan yang digelar di salah satu hotel di Kota Jayapura, Senin (11/12).

  Menurutnya, salah satu ukuran kemampuan  dan kemandirian daerah adalah dengan melihat besarnya nilai PAD. Sebab, besarnya PAD akan mendukung penyelenggaraan kegiatan pemerintahan dan juga pembangunan.

  “Keuangan pemerintah daerah akan tercermin dari besarnya PAD yang diperoleh. Karena itu berbagai langkah inovatif dan terobosan perlu terus dilakukan untuk mendorong peningkatan PAD,” ucap Ridwan.

  Sementara itu, Kepala Bappenda Provinsi Papua Setiyo Wahyudi menyatakan, penghargaan yang diberikan kepada mitra sebagai bentuk apresiasi atas kinerja dan pencapaian yang telah ditetapkan.

“Penghargaan PAD Award ini adalah salah satu bentuk dalam mendukung terwujudnya masyarakat yang maju, mandiri, sejahtera yang berkeadilan dan ke depan mampu memberikan kontribusi dan komitmen berinovasi, untuk bersama-sama mewujudkan pembangunan melalui karya nyata dengan harapan mampu menghadapi masa sulit keuangan pemerintah Provinsi Papua,” terangnya.

  Dengan begitu, lanjut Setiyo, masyarakat diharapkan lebih berperan dalam memberikan kontribusi guna meningkatkan pendapatan daerah Provinsi Papua. “Adapun realisasi PAD Provinsi Papua sesuai target Rp 1.177.838.112.117 dan terealisasi Rp. 1.283.324.595.829 atau setara dengan 108,% dan over target Rp. 105.486.483.712 sampai dengan 8 Desember 2023,” ucapnya.

  Adapun OPD penerima PAD Award tahun 2023, mitra pajak daerah terbaik dengan kategori mitra terbaik dalam meningkatkan penerimaan PKB yakni Dirlantas Polda Papua, Kombes Pol Abrianto Pardede, Kepala Cabang Jasa Raharja Papua, Emil Feriansyah Latief dan pimpinan PT Bank Papua.

  Untuk dealer penyumbang PKB dab BBNKB terbesar yakni, PT Hasjrat Abadi, PT Bosowa Berlian Motor, PT Astra Motor. Lalu wajib pajak air permukaan yang taat bayar yakni PT PLN (persero) UP3 Papua dan Papua Barat dan PT Air Minum Jayapura Robongholo Nanwani (Perseroda). Sementara wajib pungut penyumbang PBBKB terbesar oleh PT Pertamina Patra Niaga Region Papua Maluku.

  Untuk OPD  pengelola retribusi terbaik dengan kategori inovasi dan revitalisasi objek retribusi diraih oleh Kepala Badan Penghubung Daerah Provinsi Papua, Alexander Kapisa. “Penerimaan retribusi terbesar adalah Kepala BPSDM Provinsi Papua,  Aryoko AF Rumaropen, Direktur RSJ, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Papua dan Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua,” ucap Setiyo.

  Sementara SKPD berkinerja baik yakni  Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman Provinsi Papua, Kepala Dinas Kesehatan Papua, dr. Robby Kayame, Kepala Bappenda Setiyo Wahyudi, Kadis Perhubungan dan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Provinsi Papua.  (fia/tri)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version