Site icon Cenderawasih Pos

BPBD Siagakan TRC Sampai Distrik

Asep Khalid (FOTO:Mboik/Cepos)

JAYAPURA-Kepala BPBD Kota Jayapura,  Asep Khalid mengakui, saat ini wilayah Kota Jayapura dan sekitarnya sudah memasuki musim penghujan. Karena itu, pihaknya juga sudah mulai siaga terhadap kemungkinan-kemungkinan yang terjadi akibat dampak dari intensitas hujan tinggi. 

Salah satu upaya yang dilakukan,  dengan mensiagakan petugas TRC hingga di tingkat distrik se-kota Jayapura.

“Tim TRC kita Stay di kantor, ada piketnya,  jadi tim TRC ini juga ada di setiap distrik,” kata Asep Khalid, Kamis (11/1).

   Selain itu, upaya pencegahan lain yang dilakukan yaitu dengan memberikan imbauan kepada masyarakat melalui media-media sosial,  Tik Tok maupun Facebook.

  “BPBD saat ini tetap melakukan imbauan kepada masyarakat melalui grup medsos BPBD,  ada di Instagram BPBD ada di Facebook BPBD ada di tik tok.  Kita juga tetap stay, tim TRC ada info pantau terus perkembangan,” jelasnya.

   Pihaknya juga telah memetakan daerah rawan bencana mulai dari daerah Abepuraa seperti di Pasar Youtefa,  Organda, kawasan SMA 4 yang berpotensi banjir,  kemudian di daerah Jayapura yang punya potensi daerah longsor mulai dari Angksa, Ardipura,  Polimak. Selain itu pihaknya juga selalu mengupdate prakiraan cuaca dari BMKG.

   “Kita juga terus memberikan imbauan kepada masyarakat,” ujarnya.

Di satu sisi, pihaknya juga telah menyiapkan tidak hanya SDM tetapi juga dukungan dana terkait dengan upaya untuk penanganan bencana atau kejadian luar biasa manakala sewaktu-waktu bisa saja terjadi.  Misalnya dari pemerintah daerah ada dari dana BTT.  Kemudian dari BNPB dana DSP maupun bantuan dari lembaga-lembaga lain dan pemerintah provinsi.

  “Namun untuk sampai pada hal tersebut tentunya dengan melihat kondisi dan situasi bencana yang terjadi.  Terutama apabila bencananya sampai berdampak pada sosial ekonomi masyarakat,  karena itu biasanya kepala daerah akan menentukan status bencana di suatu daerah,” pungkasnya. (roy/tri).

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version