Site icon Cenderawasih Pos

Tingkatkan Produktivitas, Disnaker Latih 50 Pekerja

Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM, Anwar Runbow, saat menyalami para peserta, Senin (29/4) (foto:Elfira/Cepos)

JAYAPURA_Pemerintah Provinsi Papua, melalui Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM mendorong peningkatan kapasitas Sumber Daya Alam (SDM) bagi para pekerja dan UMKM melalui pelatihan vokasi dan produktivitas di Kota Jayapura, Senin (29/4).

  Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM, Anwar Runbow menyebut peningkatan kualitas SDM merupakan salah satu faktor dominan dalam pembangunan di Provinsi Papua.

  “Dalam rangka peningkatan aset dan potensi SDM, maka diperlukan dukungan berbagai sektor salah satunya dari Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Sorong memberikan pelatihan,” ucap Anwar usai membuka kegiatan pelatihan vokasi dan produktivitas.

   Dalam pelatihan yang digelar selama lima hari itu, Anwar menyebut pihaknya melatih 50 tenaga kerja dari perusahan maupun UMKM yang ada di wilayah Jayapura.

  “Dengan pelatihan ini, diharapkan dapan meningkatkan kualitas dan kemampuan diri,” ucapnya.

  Lanjutnya menjelaskan, melalui penyiapan SDM yang memiliki kualifikasi dan kompetensi. Provinsi Papua dapat menghadapi berbagai tantangan sehingga mampu bersaing dengan tenaga kerja dari luar.

  “Kami berharap para peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat menanfaatkan pelatihan tersebut khususnya bagi pekerja dari perusahaan-perushaan setempat,” kata Anwar.

  Sementara itu, Kepala Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Sorong, Rahmat Arsyad mengatakan kegiatan tersebut akan terselengara selama 5 hari “Diharapkan setelah pelatihan ini para peserta memiliki peningkatan produktivitas khususnya di bidang teknis,” ucapnya.

  Untuk di Papua sendiri, pihaknya menargetkan sebanyak 200 orang pekerja. Dimana tahap pertama diikuti sebanyak 50, orang sedangkan 150 orang lagi akan dilaksanakan di kabupaten lainnya.

“Nantinya diakhir pelatihan akan ada elvaluasi bagi para peserta sehingga setelah mengikuti kegiatan bisa lebih maksimal dan bisa menerapkan kepada tempat dimana mereka bekerja,” pungkasnya. (fia/tri)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version