Site icon Cenderawasih Pos

Pelayanan Tetap Berjalan Saat Libur Idul fitri

Kepala BPJS Kesehatan cabang Wamena, Freda Yanne Imbiri saat memberikan keterangan dalam jumpa pers di Kantor BPJS Kesehatan Wamena. (foto:Denny/ Cepos)

WAMENA  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ( BPJS) Kesehatan cabang Wamena memastikan bagi seluruh peserta Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN selama libur lebaran 2024 maupun mudik, pelayanan BPJS akan tetap dapat dirasakan oleh masyarakat melalui aplikasi Mobile terkait informasi dan pengaduan.

Kepala BPJS Kesehatan cabang Wamena, Freda Yanne Imbiri mengatakan kemudahan yang diberikan bagi setiap peserta JKN selama libur Idul Fitri seperti piket layanan yang meliputi pelayanan di kantor cabang, maupun di sejumlah aplikasi mobile baik mengenai informasi, administrasi hingga pengaduan.

“Kemudahan layanan di fasilitas kesehatan seperti berobat cukup menunjukan Nomor Induk Kependudukan KTP, tidak perlu foto copy berkas kartu JKN/KTP/KK saat mengakses layanan di fasilitas kesehatan, tidak ada biaya tambahan atau iur bayar saat berobat serta melayani peserta yang berada di luar wilayah FKTP terdaftarnya sesuai dengan ketentuan,”ungkapnya rabu (27/3) kemarin  saat konferensi pers layanan program JKN saat libur lebaran 2024 di kantor BPJS Kesehatan cabang Wamena.

Menurutnya untuk itu bagi setiap masyarakat peserta JKN agar selalu memastikan kepesertaan JKN dalam kondisi aktif, agar tidak terkendala ketika perlu pelayanan kesehatan. Selain itu bagi peserta JKN yang rutin mengakses layanan Kesehatan di rumah sakit, agar selalu mengecek tanggal kedaluarsa surat rujukan.

“Jika memang surat rujukan sudah hampir kedaluarsa, segera mengurus pembaruan surat rujukan sebelum memasuki masa cuti bersama dan libur lebaran,” jelasnya

Yanne menjelaskan jika selama libur lebaran tahun ke tahun, para peserta JKN paling sering mempertanyakan berkaitan dengan jam pelayanan, dimana BPJS Kesehatan cabang Wamena membuka pelayanan sejak pukul 08.00-12.00 WP mengenai administrasi di kantor cabang. Sedangkan untuk pelayanan di fasilitas Kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan cabang Wamena sudah pasti sesuai dengan komitmen dinas kesehatan setempat.

“Ada juga pengaduan mengenai obat, khususnya bagi penyakit kronis mengingat ketentuan sesuai dengan pengambilannya. Untuk di wilayah Jayapura misalnya, bisa mendatangi apotik yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sedangan di Wamena dapat diperoleh di rumah sakit maupun FKTP,” bebernya

Ditempat yang sama Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya, Odi Haluk menambahkan saat libur lebaran nanti setiap FKTP tetap melakukan pelayanan di 29 PKM karena nantinya ada petugas yang akan melakukan pelayanan.

“Namun waktunya sudah ditentukan yaitu mulai 08.00-11.00 WP untuk di setiap Puskesmas, sedangkan di rumah sakit IGD khususnya tetap buka pelayanan,” tutupnya. (jo)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version