Site icon Cenderawasih Pos

Dukung Penilaian Adipura, Masyarakat Diminta Jaga Kebersihan

Tampak warga di sekitaran Danau Sentani, Kabupaten Jayapura membersihkan sampah dan tanaman air yang ada di Danau Sentani baru-baru ini. Untuk mendukung penilaian Adipura 2024, DLH Kabupaten Jayapura minta warga ikut menjaga kebersihan lingkungan. (foto:Priyadi/Cepos)

SENTANI – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia setiap tahunnya menyelenggarakan program Adipura. Yaitu penganugerahan piala dan sertifikat kepada daerah tingkat Kabupaten atau Kota Se-Indonesia, dengan salah satu kriteria adalah kebersihan dan kesehatan lingkungan hidup di daerah yang bersangkutan.

Dengan adanya penilaian Adipura tahun 2024 di Kabupaten Jayapura, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri meminta dukungan semua pihak,  termasuk masyarakat Kabupaten Jayapura untuk mendukung penilaian Adipura Kabupaten Jayapura 2024.

“Kami sebagai OPD teknis yang terjun langsung menyiapkan semua indikatornya penilaian Adipura di Kabupaten Jayapura, minta kerjasama dan dukungannya dari semua pihak yang terlibat dalam penilaian Adipura. Apakah dari lingkungan instansi pemerintah Kabupaten Jayapura, BUMN maupun masyarakat umum, karena penilaian Adipura banyak sekali indikatornya dan ini dibutuhkan kerjasama maupun dukungan dari berbagai pihak,”ucapnya, Senin (19/2) kemarin.

Abdul mengungkapkan, sampai saat ini Pemkab Jayapura belum mendapatkan penghargaan Adipura seperti di Kota Jayapura yang sudah berulang kali mendapatkan penghargaan Adipura. Oleh karena itu, dalam penilaian Adipura 2024 diharapkan bisa terlaksana dengan baik semoga di Kabupaten Jayapura bisa memperoleh penghargaan tersebut.

Karena bicara penghargaan Adipura tidak hanya daerahnya yang bersih, namun juga dilihat dari sisi kebersihan lingkungan dijalan raya yakni bebas sampah dan perindang pohon-pohon. Dari sisi sarana yaitu alat pemilah sampah, dan  dukungan kebersihan lingkungan yang dilakukan oleh masyarakat, pedagang maupun di tempat fasilitas umum.

Oleh karena itu, dalam penilaian Adipura,  Abdul meminta dukungan dan peran serta masyarakat Kabupaten Jayapura dalam menjaga kebersihan lingkungan agar membuang sampah pada tempatnya, jam atau waktu yang telah ditentukan dan melakukan kerja Bhakti bersama untuk menjaga kebersihan lingkungan masing- masing.

  Disamping itu masyarakat juga diminta untuk menepati jadwal membuang sampah sesuai waktu yang telah ditentukan. Ketertiban masyarakat membuang sampah dapat memperlancar DLH Kabupaten Jayapura untuk mengangkut dan membawa ke tempat pembuangan akhir. (dil/ary)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version