Site icon Cenderawasih Pos

Upaya Perbaikan Jaringan, PJ Gubernur Bertemu Direktur Interprize PT Telkom

PJ Gubernur  Provinsi Papua Pegunungan Dr. Velix Vernando Wanggai , S.IP, M.P.A (FOTO:Denny/ Cepos)

WAMENA  Upaya Pemprov Papua pegunungan dalam meningkatkan saranan Internet dan jaringan telekomunikasi di Wamena dan Papua pegunungan secara keseluruhan mulai mendapat tanggapan dari Telkomsel usai JP Gubernur Papua bertemu llangsung dengan Direktur Interprize PT Telkom Indonesia  di Jakarta, dimana mereka berjanji akan mengirimkan tim untuk memperbaiki jaringan di Wamena.

PJ Gubernur Papua pegunungan Dr. Velix Vernando Wanggai, S,IP, M.P.A mengakui jika pihaknya telah melakukan pertemuan khusus dengan  Direktur interprize PT Telkom Indonesia  sebab pemerintah ingin ada peningkatan jaringan telekomunikasi baik itu internet dan jaringan mobile Phone yang berguna untuk meningkatkan pelayanan.

“kita Ingin pelayanan digital dalam percepatan pembangunan Papua pegunungan sangat dibutuhkan dengan jaringan internet yang memadai. Dan Mereka sangat mendukung apa yang disampaikan,”ungkapnya Rabu (17/1) kemarin

Menurutnya, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas jaringan internet PT Telkom Indonesia akan mengirimkan tim khusus dalam waktu dekat ini untuk mengambil langkah perbaikan dan peningkatan jaringan telekomunikmasi ke Wamena dan Papua pegunungan secara keseluruhan.

“kami meminta kepada PT Telkom agar bisa mendukung tranformasi digital di Provinsi Papua pegunungan baik yang mendukung peninghkatan jaringan telekomunikasi dan internet namun juga bagaimana membangun SDM Papua pegunungan dalam bidang digital kemudian juga membangun ekosistem mereka dengan aspek interprice seningga mereka juga mendukung digital market.” Jelas Velix Wanggai

Kata Velix, saat ini di Papua pegunungan banyak kegiatan UMKM yang sudah menggunakan jaringan internet untuk memasarkan prodaknya melalui media social dan saluran lainnya, sehingga dari pertemuan itu pihaknya akan membuat semacam memorandumstanding antara Pemerintah provinsi Papua pegunungan dengan PT Telkom Indonesia dan juga pihak lainnya.

“PT Telkom tak hanya menjadi salah satu penyedian layanan telekomunikasi dan internet, tapi kita juga akan melihat stekholder yang lain seperti Kominfo, Bakti , operatir lain yang bisa dilakukan kerjasama sehingga ini dapat menjadi system terpadu di Papua pegunungan,”katanya.

Ia juga mengaku jika PT Telkom Indonesia sebagai Bagian dari BUMN memiliki dua tugas yang pertama adalah membuka akses yang lebih besar kepada masyarakat pada umumnya, kedua dengan membuka layanan yang luas maka mereka juga membuka akses pasar yang lebih besar, sehingga sejauh ini pembicaraan masih sebatas bagaimana mereka meningkatkan kualitas jkaringan internetnya.

“peningkatan kualitas internet ini juga berbicara masalah satelit dan Base Transerver Station (BTS) yang selama ini digunakan di Wamena dan juga kabupaten Lainnya, dan juga BTS yang disiapkan oleh bakti melalui Publik Service Oblikation (PSO) tapi juga menggunakan jaringan telekomunikasi yang disediakan PT Telkom Indonesia,”beber PJ Gubernur Papua pegunungan.

Oleh karerna itu Pemerintah Provinsi Papua pegunungan berharap agar PT Telkom Indonesia dapat menindak lanjuti apa yang telah dibicarakan agar pelayanan internet yang tak memadai di wilayah Papua pegunungan ini paling tidak bisa segera di perbaiki  untuk menunjang  percepatan pembangunan yang dilakukan pemerintah.

“kita melihat ini sebagai satu kebutuhan yang harus di benahi sebab saat ini layanan internet sangat di butuhkan oleh masyarakat, baik untuk pemerintahan, market, pendidikan dan juga kepentingan masyarakat lainnya,” tutupnya. (jo)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version