Site icon Cenderawasih Pos

Bupati Romanus Sebut Tidak Terlalu Sulit Lipat Kembali  Surat  Suara

Bupati Merauke Romanuis Mbaraka didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Merauke Ny Imelda Carolina Mbaraka saat memasukan surat suara ke dalam kotak   suara yag telah dicoblos. (FOTO:Sulo/Cepos) 

MERAUKE – Bupati Merauke Romanus Mbaraka, didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Merauke Ny Imelda Carolina Mbaraka memberikan hak suaranya di TPS 20, Kelurahan Mandala yang ada di Kompleks SMK Santo Antonius Merauke. Orang nomor satu di Merauke itu, tiba di TPS sekitar pukul 08.30 WIT.

Saat tiba di  TPS, bupati Romanus Mbaraka tampak didampingi Ketua KPU Kabupaten Merauke Rosina Kebubun dan Forkopimda Kabupaten. Selanjutnya, Bupati Romanus Mbaraka bersama istri masuk ke dalam TPS dan melakukan pencoblosan.

   Kepada wartawan, bupati Romanus  Mbaraka mengaku  jika surat suara DPR Provinsi dan Kabupaten cukup tebal. Namun sebenarnya  kata dia tidak terlalu sulit untuk melipatnya kembali jika mengikuti alur lipatannya kembali.

‘’Saya pikir tidak terlalu sulit  untuk melipat kembali. Yang penting kita ikuti alur lipatannya yang sudah ada,’’ katanya menjawab pertanyaan Ceposonline.com.

Iapun mengajak masyarakat  untuk berbondong-bondong mendatangi  TPS untuk memberikan hal pilihnya di TPS. ‘’Kita harap, partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS memilih presiden dan wkail rakyat, harus bisa capai 90 persen. Karena ini untuk menentukan nasib bangsa, nasib daerah kita 5 tahun kedepan,’’ katanya.

Namun diakui Bupati Romanus Mbaraka, ada beberapa  kendala yang mungkin akan menyulitkan  warga dimana kemungkinan TPSnya jauh dari  TPS-TPS  sebelumnya. Ini terjadi karena jumlah DPT  pada pemilu sebelumnya maksimal 500 orang  namun pada Pemilu kali ini maksimal 300 orang.

‘’Ada nama yang diacak dari pola sebelumnya. Misalnya TPS 20, ada beberapa orang yang sudah terbiasa di TPS 20. Tiba-tiba nama mereka ke TPS lain. Kalau dia terlalu jauh kemungkinan ini akan jadi resiko jika dikaitkan dengan pekerjaan dia sehari-hari. Tapi kalau tidak terlalu jauh dari TPS sebelumnya, mudah-mudahan masyarakat mau datang,’’ jelasnya.   

Di tempat sama, Ketua KPU Kabupaten Merauke Rosina Kebubun  mengaku pada prinsipnya Pemilu  dilaksanakan secara serentak di 22 distrik, 11 kelurahan dan 179 kampung yang ada di Kabupaten Merauke.  Ini karena logistik Pemilu telah sampai ke daerah terjauh dan tersulit.  ‘’Artinya tidak ada keterlambatan dalam pendistribusian logistik,’’ jelasnya.

Rosina juga berharap partisipasi pemilih kali ini bisa  naik dari  pemilu-pemilu sebelumnya yang selalu berkisar diatas 77 persen. ‘’Kita berharap  partisipasi pemilih kali ini meningkat dari  Pemilu sebelumnya yang berkisar 77 persen,’’ tambahnya.

Setelah mencoblos  tersebut, bupati Romanus Mbaraka dan Forkopimda Kabupaten  melakukan pemantauan pelaksanaan pencoblosan di sejumlah TPS yang ada di dalam Kota Merauke. (ulo)   

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version