Site icon Cenderawasih Pos

Diharap Jadi Motivasi 86 Prodi Lain dan Berupaya Raih Akreditasi Internasional

Rektor Uncen  Oscar Oswald O. Wambrauw (foto:Karel/Cepos)

Ketika Uncen Pecah Telur, Dua Prodinya  Meraih Akreditasi Unggul

Civitas akademika Universitas Cenderawasih (Uncen) patut berbangga dengan perkembangan kualitas pendidikan di kampusnya. Hal ini terbukti ada dua program studi yang mendapatkan akredatasi unggul.

Laporan: Carolus Daot_Jayapura

Rektor Universitas Cendrawasih (Uncen) Oscar Oswal O. Wambrauw menyampaikan saat ini terdapat 2 Progam Studi  (Prodi) di Uncen telah mencapai akreditasi unggul. Keduanya , yakni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, pada Fakultas  Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Prodi Fisika pada Fakultas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

   “Fakultas FMIPA denga FKIP, berhasil memecah telur, karena sejak berdirinya Uncen ini, akreditasnya hanya sampai B,” kata Oscar, Jumat (5/4).

   Oscar mengharapkan peningkatan akreditasi dari dua Prodi ini, dapat menjadi pola atau dorongan bagi 86 Prodi lainnya yang ada di Uncen. Untuk mengejar akreditasi unggul ini.  Ia berharap dari dua prodi (Bahasa Inggris dan Fisika) tidak hanya terhenti pada akreditasi unggul, tapi harus berjuang untuk mencapai akreditasi internasional.

  Termasuk juga Prodi lainnya di Uncen harus berjuang untuk mencapai  akreditasi internasional. “Karena semua Universtias di Indonesia capaian mereka terus bergerak,” ujarnya.

   Untuk mencapai akreditasi unggul, lanjut Oscar Wambrauw, setiap perguruan tinggi wajib mengejar Indikator Kinerja Utama (IKU). IKU ini digunakan performansi perguruan tinggi untuk menentukan klasifikasi perguruan tinggi serta dukungan sumberdaya dan anggaran yang akan difasilitasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

  Prodi diwajibkan mengejar standar Indikator Kinerja Utama (IKU) juga menjadi sistem pengukuran kinerja yang digunakan untuk mengevaluasi performa perguruan tinggi. “Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas dan daya saing perguruan tinggi, serta memastikan bahwa tujuan pendidikan nasional tercapai,” jelas Oscar.

   Setelah IKU ini tercapai lanjutnya, PTN dapat mendaftarkan capaian-capaiannya  ke penyelenggara manajemen pendidikan tinggi. Hal ini untuk  mendapat pengakuan akreditasi internasional. “Setelah proses ini kita kerjakan, maka Uncen akan mendapatkan pengakuan secara Internasional,” tuturnya.

    Lebih lanjut dia sampaikan jika semua Prodi di Uncen dapat mengejar IKU, maka Uncen akan menjadi lembaga PTN pertama di Indonesia bagian timur mendapat pengakuan secara Internasional. “Inilah yang kita harapkan dengan adanya dua Prodi yang telah mencapai akreditasi unggul, maka prodi lain bisa bekerja keras untuk mencapai akreditasi unggul ini,” ucapnya.

   Adapun dampak dari sebuah perguruan tinggi, jika telah mendapatkan pengakuan secara internasional, pertama menjadi daya tarik dari masyarakat, kemudian   kualitas lulusan diakui secara internasional.

    Oleh sebab itu, dia meminta semua pihak yang ada di lingkungan Uncen dapat bekerja secara bersama sama sehingga Uncen ini akan menjadi perguruan tinggi yang tidak hanya memiliki kualitas tapi tentunya kuantitas juga dapat tercapai.

    “Saat ini sudah ada beberapa Prodi yang sedang mengurus berkas akreditasi unggul, saya harap di tahun 2024 ini akan banyak Prodi yang bisa mencapai akreditasi unggul,” pungkasnya. (*/tri)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version