Site icon Cenderawasih Pos

BEI Akui Bursa Carbon Bisa Jadi Investasi Baru di Papua

Kreasna Aditya Payokwa (foto:Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Bursa Efek Indonesia (BEI) Provinis Papua akui,  Papua memiliki potensi investasi baru yaitu Bursa Carbon, yang pastinya dapat memberikan pendapatan bagi pemerintah jika dikelola dengan baik.

Kepala Kantor Perwakilan BEI Papua Kreasna Aditya Payokwa menjelaskan  bursa carbon dapat berpotensi menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi pemerintah daerah mengingat Papua masih memiliki hutan yang sangat luas.

Dengan demikian BEI sangat mendorong pemerintah daerah dapat memanfaatkan perdagangan carbon guna menjadi PAD baru.

“Hutan di Tanah Papua ini masih alami sehingga sangat berpotensi menjadi sumber pendapatan baru bagi pemerintah, khususnya dengan memanfaatkan peluang tersebut juga banyak keuntungan yang dapat dirasakan. Selain menjadi tambahan sumber PAD,  juga menjaga hutan, “ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Kamis (11/1) kemarin.

Lanjutnya, BEI telah menyampaikan potensi hutan Papua ke Pemda setempat,  termasuk Dinas Lingkungan Hidup agar segera memanfaatkan kesempatan yang ada,  untuk mewujudkan bursa carbon di Papua.

Dia menjelaskan,  pihaknya sangat berharap potensi-potensi yang ada ini dapat dimanfaatkan oleh pemerintah, mengingat kini dengan terbentuknya Daerah Otonomi Baru (DOB) maka sumber PAD semakin berkurang.

“Untuk pengelolaan Bursa carbon sendiri, telah diterbitkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup, regulasi yang mana mengharuskan semua perusahaan di bursa melaporkan laporan emisinya artinya pengeluaran emisi itu harus sesuai aturan, jika emisi yang dikeluarkan berlebihan maka perusahaan tersebut wajib hukumnya membeli Bursa Carbon, ” jelasnya.

Contohnya perusahaan seperti apa yang  dapat membeli Bursa Carbon, yaitu industri kimia yang mana hanya bisa mengeluarkan emisi carbon sekian persen, namun jika perusahan tersebut melampau batas maka wajib membeli kredit carbon ke lembaga -lembaga yang menjual kredit carbon. (ana/ary)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version