Site icon Cenderawasih Pos

Gangguan PLTMG MPP Jayapura Sebabkan Listrik Padam Beberapa Jam

Tim Emergensi PLTD Waena sedang memeriksa perkembangan beban penyulang yang sudah beroperasi. (foto:Humas PLN for Cepos)

JAYAPURA– Gangguan kelistrikan yang terjadi pada sistem kelistrikan Jayapura, pada Sabtu (4/11) pukul 17.06 WIT disebabkan adanya gangguan pada Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas ( PLTMG)  MPP Jayapura yang menyebabkan terhentinya suplai listrik ke masyarakat.

Adanya pemadaman listrik selama beberapa jam dari Kota Jayapura hingga Kabupaten Jayapura, PLN langsung melakukan gerak cepat dalam penormalan gangguan kelistrikan yang terjadi pada sistem kelistrikan Jayapura.

“Kita sudah melakukan upaya semaksimal mungkin dalam menormalkan kembali sistim jaringan kelistrikan, dengan upaya melakukan penelusuran oleh petugas dan proses penormalan dilakukan secara bertahap,”ungkap  General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Budiono.

Dijelaskan, PLN sedang melakukan pengamanan sistem kelistrikan dengan meningkatkan koordinasi seluruh petugas di lapangan. Gangguan diindikasikan terjadi pada pembangkit PLTMG MPP Jayapura yang menyebabkan terhentinya suplai listrik ke masyarakat.

“Proses penormalan sudah dilakukan, saat ini sudah 8 penyulang berhasil disuplay diantaranya Penyulang Bougenvile, Penyulang Soka, Penyulang Garuda dan Penyulang Cenderawasih, yang menyuplai sebagian wilayah Kota dan Kabupaten Jayapura sudah mulai teraliri listrik pada pukul 18.20 WIT, ” papar Budiono.

Dia menambahkan  bahwa ada sekitar 6 gardu induk terdampak yang melayani pelanggan Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN. Beban  sebesar 62,5 Megawatt (MW) sempat tidak terpenuhi sehingga pelayanan kelistrikan pelanggan di UP3 Jayapura mengalami padam.

“Kami mohon maaf apabila gangguan ini menganggu aktivitas masyarakat pada sore hingga malam, Sabtu (4/11). PLN  berupaya semaksimal mungkin  menormalkan kelistrikan agar pelanggan bisa kembali beraktivitas seperti biasa, ” tutup Budiono.(dil/ary)

Exit mobile version