Site icon Cenderawasih Pos

Konferensi Nasional FKUB Ikrakan Pemilu Damai

Para peserta kegiatan Konferensi Nasional Ke -VIII FKUB tahun 2023 yang diselenggarakan di Kabupaten Jayapura, Papua, saat membacakan deklarasi ikrar kiprahkan Pemilu Damai 2024 dalam acara penutupan, yang dilaksanakan di Hotel Suni Garden Sentani, Rabu (25/10). (foto:Priyadi/Cepos)

Konferensi Nasional Ke-IX Ditetapkan di Provinsi Aceh

SENTANI-Konferensi Nasional Ke -VIII FKUB tahun 2023 telah berakhir tadi malam. Selanjutnya Konferensi Nasional Ke-IX tahun 2024 akan dilaksanakan untuk menjadi tuan rumah di Provinsi Aceh.

Hal ini dikatakan Sekjen Asosiasi FKUB Indonesia KH Taslim Syahlan dalam menutup acara Konferensi Nasional Ke -VIII FKUB tahun 2023 di Hotel Suni Garden Sentani, Rabu (25/10).

Selain itu, dari hasil konferensi Nasional Ke-VIII FKUB 2023 menghasilkan rekomendasi komitmen dan dilakukan deklarasi dengan pembacaan ikrar kiprahkan Pemilu Damai 2024 yakni Bertekad mensukseskan pemilu tahun 2024 sebagai pemilu damai jujur, adil, berintegritas dan bermartabat dan sukses demi terjaga dan tegaknya NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Kemudian, mendukung pemerintah Republik Indonesia , pemerintah provinsi, pemerintah Kabupaten dan kota, dan aparat keamanan dalam rangka pemilu tahun 2024 berlangsung kondusif, damai, tertib dan harmoni bagi terwujud pembangunan dan kemajuan.

Selain itu mendukung sepenuhnya kepada semua elemen bangsa untuk mencegah munculnya gaya politik identitas dalam bentuk apapun demi menjaga Marwah dan kemuliaan agama.

Selanjutnya meneguhkan komitmen bersama untuk menjaga Marwah rumah ibadah semua agama agar tidak dimanfaatkan oleh pihak manapun untuk kepentingan politik praktis.

poin berikut FKUB seluruh Indonesia siap dan aktif mewujudkan kerukunan global guna mewujudkan perdamaian dunia.

Sementara kepada pengurus FKUB di semua tingkatan di seluruh Indonesia untuk melakukan percepatan moderasi beragama guna merawat kerukunan umat beragama di seluruh wilayah NKRI.

Setelah membacakan deklarasi ikrar tersebut  kemudian dilakukan penandatangan komitmen bersama oleh setiap Ketua FKUB Se Indonesia yang hadir, dilanjutkan dengan doa penutup yang didoakan oleh Perwakilan tokoh lintas umat agama mulai dari agama Islam, konghuchu, kristen, katolik, hindu dan budha mendoakan untuk Pemilu 2024 bisa berjalan sukses, aman, damai lancar, tertib dan  berintegritas. Selanjutnya,  rekomendasi ini nantinya akan diserahkan ke Presiden RI, Kemendagri dan Menteri Agama RI.

Selaku Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. Mengucapkan selamat atas terselenggaranya Konferensi Nasional Ke-VIII FKUB 2023 di Kabupaten Jayapura, Papua,

Semoga konferensi ini menjadi momentum FKUB untuk memberikan berkontribusi sebagai perekat dalam menjaga kerukunan umat beragama kepada masyarakat dan terus meningkatkan persatuan dan kesatuan.

  “Mari kita dukung bersama dan bahu membahu mensukseskan Pemilu  2024 yang aman, damai dan bermartabat sehingga dapat melahirkan sosok pemimpin nasional yang mampu membawa perubahan dan mewujudkan Indonesia maju,”jelasnya.

  Selalu Ketua Umum Asosiasi FKUB Indonesia Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet, sangat bangga dan mengucapkan syukur pelaksanaan konferensi Nasional Ke-VIII FKUB 2023 bisa berjalan dengan sukses dan lancar dengan menghasilkan 6 rekomendasi komitmen dalam ikrar kiprahkan Pemilu Damai 2024, semoga ini bisa berjalan sukses, aman dan lancar serta bermartabat.

  Sementara itu,  Ketua FKUB Provinsi Papua Pdt Lipiyus Biniluk, M.Th.,sekaligus Ketua Panitia Konferensi Nasional Ke -VIII FKUB tahun 2023, mengatakan, selama pelaksanaan konferensi dari awal sampai akhir penutupan sukses aman dan berjalan lancar, jika ada kekurangan panitia mohon maaf. Selain itu, di dalam suksesnya konferensi ini tentu hasil kerja keras semua pihak dan diucapkan panitia dalam memandu dan mempersiapkan kegiatan ini dilakukan lebih dari 2 Minggu.

  “Hasil dari konferensi FKUB sudah dijalankan dan hal yang paling penting suksesnya Pemilu 2024 sehingga dibutuhkan kerjasama keras dari tokoh lintas agama termasuk FKUB,”katanya.(dil/wen)

Exit mobile version