Site icon Cenderawasih Pos

Total 20 yang Selamat, Kini Sudah di Polres Yahukimo

Para penambang yang kabur ini sempat bersembunyi hingga akhirnya diketahui oleh Satgas Operasi Damai Cartenz. Tanpa menunggu lama tim langsung bergerak menuju lokasi dan berhasil melakukan penyelamatan dan mengevakuasi 9 penambang tersebut.

Sembilan Penambang Dievakuasi dari Dalam Hutan

JAYAPURA – Aksi brutal yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di lokasi penambangan Kali I Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo pada Senin, (16/10)  ternyata  sebagian penambang yang melihat momen pembantaian ini merasa ketakutan dan langsung memilih melarikan diri ke dalam hutan untuk menyelamatkan diri.

Para penambang yang kabur ini sempat bersembunyi hingga akhirnya diketahui oleh Satgas Operasi Damai Cartenz. Tanpa menunggu lama tim langsung bergerak menuju lokasi dan berhasil melakukan penyelamatan dan mengevakuasi 9 penambang tersebut.

Satgas Damai Cartenz menyampaikan bahwa 9 orang tersebut semua dalam kondisi sehat dan selamat dari pembantaian. Upaya penyelamatan ini dilakukan pada Selasa malam (18/10) dengan melibatkan 41 Personel Gabungan Satgas Damai Cartenz, Brimobda Papua dan Polres Yahukimo.

Kegiatan dipimpin langsung oleh Kabagops Polres Yahukimo AKP Alwy Wayrooy.  Ka Ops Damai Cartenz 2023 Kombes Pol Dr. Faizal Ramadhani menyampaikan bahwa pihaknya pada selasa malam menerima informasi bahwa ada warga selamat dari KKB yang  datang ke Pos Brimob Kali Kolof Distrik Seradala, Yahukimo.

“Kemarin malam (Selasa), kami terima informasi bahwa masih ada warga yang selamat dan melarikan diri dari serangan KKB. 1 orang warga sipil mengamankan diri ke Pos Pam Brimob Kali Kolof dan 8 orang warga sipil lainnya di Pos Bravo Brimob Kompi 3 Yon D Kali Kolof,” kata Faizal dalam keterangannya, Rabu (18/10).

Kemudian dari informasi ini pihaknya langsung memerintahkan tim untuk segera melaksanakan penyelamatan dan evakuasi korban tersebut,” ujar Faizal dalam keterangannya, Rabu (18/10).

Faisal menyampaikan bahwa tim turun melakukan pencarian pada Pukul 20.13 WIT dan anggotanya bergerak dari Polres Yahukimo menuju Pos Pam Brimob Kali Kolof untuk penyelamatan 1 korban.

Kemudian Pukul 22.27 WIT Tim bergerak dari Pos Pam Brimob Kali Kolof menuju Pos Bravo Kompi 3 Yon D untuk evakuasi 8 warga lainnya. Kasatgas Humas Damai Cartenz AKBP Dr. Bayu Suseno menyatakan bahwa total korban selamat yang sudah dievakuasi sebanyak 20 orang.

“Jadi tadi siang kita sudah mengevakuasi sebanyak 11 orang selamat, malam ini 9 orang jadi total seluruhnya korban selamat sebanyak 20 orang,” ujar Bayu. Adapun identitas 9 warga yang selamat yang berhasil di evakuasi adalah  Sidru alias Boy,  Nur Saleh, Muhktar,  Hasbi, Ismail,  Ian,  Marten Luko,  Tinus Padatuan dan Saharuddin.

Para korban yang selamat telah dievakuasi ke Polres Yahukimo untuk mendapatkan pengobatan dan untuk identifikasi para pelaku KKB. “Para korban selamat semua sudah ada di Polres, sudah kami berikan tempat istirahat, makanan serta pengobatan bagi yang luka. Kemudian kami mintai keterangan untuk identifikasi para pelaku (KKB),” imbuh Bayu.

Bayu juga menyatakan bahwa ke depan pihaknya akan terus melakukan patroli di sekitar lokasi penembakan dan pembunuhan untuk menolong warga apabila masih ada warga selamat lainnya.

“Ke depan patroli gabungan akan rutin dilakukan di radius TKP untuk memastikan bahwa sudah tidak ada lagi warga selamat yang berada di TKP,” tutup Bayu. (ade/wen)

Exit mobile version