Site icon Cenderawasih Pos

Tujuh Unit Rumah di Kelurahan Asano Ludes Terbakar

Rumah yang hangsus terbakar di Kelurahan Asano Distrik Abepura, Senin (1/1) malam. (foto: Karel/Cepos)

Diduga Berasal dari Mercon yang Ditembakkan dan Jatuh ke Rumah

JAYAPURA– Sedikitnya tujuh unit rumah yang terdiri dari lima petak rumah kos, satu petak bengkel las, dan 1 petak usaha mie ayam di RT/ 01/01, Kelurahan Asano Distrik Abepura ludes terbakar, Senin (1/1) malam.

Menurut keterangan Kapolsek Abepura, AKP. Soeparmanto kebakaran tersebut diduga korlseting . “Menurut keterangan saksi yang kami peroleh, api muncul dari atas plafon dari salah satu petak rumah kos,” ujarnya kepada awak media di TKP.

Tidak ditemukan korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut. Sementara kerugian materil berkisaran capai ratusan juta rupiah.

“Semua korban selamat, tapi kerugian materil cukup besar karena rumah Kontrakan ada 5 petak, ditambah 1 unit rumah pribadi dan 1 unit bengkel las yang ludes terbakar,” ungkapnya.

Untuk pengamanan, Polsek Abepura menurunkan tim piket, dibantu sat brimob. “Semua tim piket turun, amankan situasi di sekitar lokasi kebakaran,” tuturnya.

Sementara itu Kabid Damkar Kota Jayapura Margareta V. Kirana, menyampaikan dengan kondisi rumah yang berhimpitan, sehingga proses pemadaman api memakan waktu hingga 1 jam.

“Armada tidak bisa masuk sampai ke belakang, karena tidak ada jalan sehingga proses penyiraman cukup terkendala,” ujarnya.

Selain itu karena di dalam bengkel las, juga menyimpan tabungan gas, sehingga kendala bagi pihak damkar untuk memadamkan api.

Api cepat merambat ke bangunan lain karena rumah sangat berhimpitan, tapi dengan dibantu Armoured Water Canon (AWC) Polresta Jayapura, api berhasil dipadamkan sekira pukul 21.30 WIT.

Pada peristiwa tersebut, Damkar Kota Jayapura menurunkan 4 unit armada, ditambah 2 AWC Polresta Kota Jayapura.

“Bersyukur karena di dekat lokasi kebakaran sudah ada titik hydran sehingga suplai air cukup mudah,” ujarnya.

Kabid Damkar Kota Jayapura itu menambahkan 5 rumah kos 1 usaha las dan 1 petak usaha mie ayam, semua lokasi merupakan milik Bapak Budi Haryadi dan Ibu Aisyah

Menurut saksi yang juga pengelola usaha mie ayam Panggabean, api berasal dari mercon yang jatuh di atas salah satu tempat usahanya.

Namun pemilik langsung meninggalkan tempat usaha,karena tidak berpikir akan terjadi kebakaran, karena menduga hanya bunyi lemparan di atas bangunan.

Tercium bau api yang kemudian menjadi api yang besar dan merambat ke bagian atap bangunan di belakangnya ( jajaran rumah kos-kosan) dan merambat hingga ke bangunan bengkel las.

Api dapat dikendalikan pukul 21.15 WIT dilanjutkan dengan pembasahan secara total dengan menurunkan 2 water canon (penyemprot) milik Pemda Kotq Jayapura dan 2 mobil suplay dibantu 2 AWC milik Brimob dan Polresta dan 1 unit damkar milik TNI-AL

Tidak ada korban jiwa, ditaksir kerugian mencapai  ratusan juta rupiah.  Kendala yg dihadapi akses untuk memotong perambatan apinkarena bangunan yang saling menempel dan berbahan dasar mudah terbakar serta terdapat tabung oksigen dan BBM. (rel/wen)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version