Site icon Cenderawasih Pos

Pendaftaran Sekolah Kedinasan Dibuka Sekitar Maret

MenPANRB Abdullah Azwar Anas

JAKARTA – Selain menyiapkan pelaksanaan seleksi calon aparatur sipil negara (CASN), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) juga tengah kejar setoran merancang seleksi penerimaan mahasiswa/praja/taruna sekolah kedinasan tahun 2024. Sejumlah rapat dengan kementerian/lembaga terkait terus digelar.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Abdullah Azwar Anas mengungkapkan, pendaftaran sekolah kedinasan rencananya akan dibuka pada Maret 2024. Namun, waktu tersebut dapat berubah sesuai kesiapan dan dinamika yang terjadi.

Kendati demikian, Anas meminta, calon pelamar mulai mempersiapkan dokumen persyaratan yang diperlukan untuk pendaftaran. Calon pelamar juga dihimbau mendaftar di sekolah kedinasan yang sesuai dengan minatnya.

”Pemerintah telah mendesain skema kebutuhan ini dan berharap kedepan kita bisa melahirkan calon-calon ASN yang berdedikasi, kompeten, dan inovatif dalam menyelesaikan permasalahan rakyat,” tutur Anas, kemarin (25/1).

Sejauh ini, ada delapan instansi yang akan membuka pendaftaran sekolah kedinasan di 2024. Adapun kedelapan instansi tersebut meliputi Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHAM); Kementerian Keuangan (Kemenkeu); Kementerian Perhubungan (Kemenhub); Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri); Badan Intelijen Negara (BIN); Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN); Badan Pusat Statistik (BPS); dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Sebagai gambaran, sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan KemenkumHAM salah satunya adalah Politeknik Imigrasi (Poltekim). Sesuai namanya, politeknik ini fokus di bidang keimigrasian. Poltekim menawarkan empat program studi, yakni D4 Manajemen Teknologi Keimigrasian, D4 Administrasi Keimigrasian, D4 Hukum Keimigrasian, dan D3 Keimigrasian.

Kemudian, ada Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) merupakan perguruan tinggi kedinasan di bawah naungan Kemenkeu. Sekolah ini terdiri dari beberapa program studi, diantaranya D4 Akuntansi Sektor Publik, D4 Manajemen Keuangan Negara, D4 Manajemen Aset Publik, program D3 Akuntansi, Kebendaharaan Negara, D3 Kepabeanan dan Cukai, D3 Manajemen Aset, PBB/Penilai, dan D3 Pajak.

Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPANRB Aba Subagja menambahkan, pelaksanaan seleksi sekolah kedinasan pada 2024 berpedoman pada Peraturan Menteri PANRB No. 20/2021 tentang Seleksi Penerimaan Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan pada Kementerian/Lembaga. Di mana, ada tahapan-tahapan yang harus dilalui. Mulai dari pendaftaran, seleksi kompetensi dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT), hingga seleksi lanjutan yang pelaksanaannya diatur oleh masing-masing sekolah kedinasan.

”Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD, red) rencananya digelar pada April hingga Mei 2024,” ungkapnya. Pendaftaran nantinya dapat dilakukan melalui situs Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Badan Kepegawaian Negara (SSCASN-BKN), yakni sscasn.bkn.go.id.

Aba mengatakan, seluruh tahapan seleksi sekolah kedinasan kini sudah terintegrasi dan terkomputerisasi. Hal ini dilakukan guna mempersempit dan menutup celah kecurangan, termasuk praktik calo.

”Kami selalu ingatkan untuk teman-teman di seluruh Indonesia agar tidak percaya dengan pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dalam seleksi sekolah kedinasan, apalagi sampai meminta sejumlah uang,” pungkasnya. (mia)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version