Site icon Cenderawasih Pos

Operasi Keselamatan Dipastikan Makin Intens

Anggota Satlantas Polresta Jayapura Kota saat menenggur pengendara motor yang tidak mengunakan helm standar dalam Operasi Keselamatan Cartenzs 2024 di Jalan Kujang Vihara, Sabtu (16/3). (Foto/Humas Polresta)

JAYAPURA – Kasat Lantas Polresta Jayapura Kota, Kompol Dian Novita Pietersz mengungkapkan bahwa Operasi Keselamatan Cartenz 2024 dipastikan akan lebih intens dilakukan dengan lokasi random.

  Pasalnya dari evaluasi yang dilakukan selama operasi ternyata sikap tertib berlalu lintas belum memuaskan. Ini juga terlihat dari operasi keselamatan yang dilakukan Jl. Kujang Vihara pada Sabtu (16/3).

  Operasi dipimpin Kompol Dian Novita Pietersz,  didampingi oleh Kanit Turjawali, Kanit Regident, serta didukung sebanyak 15 Personel Sat Lantas.

“Kami melihat angka pelanggaran masih sering ditemukan  terutama pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm, baik untuk pengendara maupun penumpangnya,” kata Dian.

  Kendaraan dengan TNKB mati atau sudah tidak berlaku juga masih ditemukan dalam jumlah yang tidak sedikit.

“Selain itu, kami juga berhasil menemukan kendaraan roda dua yang menggunakan knalpot bising atau knalpot racing, yang tentunya melanggar ketentuan lalu lintas yang berlaku,” ucap Kasat.

   Lainnya adalah sejumlah pengendara kedapatan tidak membawa surat-surat kendaraan seperti SIM dan STNK serta masih ada beberapa kendaraan yang TNKB-nya tidak terpasang dengan benar.

Di lokasi ini polisi berhasil menjaring sebanyak 31 kendaraan mendapat teguran lisan dari petugas yang terdiri dari 15 teguran kepada pengendara roda dua karena tidak menggunakan helm, 12 teguran terhadap kendaraan dengan TNKB tidak terpasang dengan benar, 1 teguran terhadap kendaraan dengan knalpot racing, dan 3 teguran kepada pengendara yang membawa penumpang lebih dari satu orang.

  “Lalu ada satu yang ditilang termasuk mengamankan barang bukti berupa satu buah knalpot racing. Ini sudah diingatkan berulang – ulang padahal,” imbuhnya.

  Dian menyampaikan bahwa harapannya dengan adanya kegiatan kampanye tertib lalu lintas yang dilakukan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib berlalulintas untuk kenyamanan dan keselamatan dirinya sendiri dan pengendara yang lain di Kota Jayapura. (ade/tri)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version