Site icon Cenderawasih Pos

Pj Wali Kota  Minta Kapal Wisata Youtefa Dimaksimalkan

Kapal Wisata Youtefa milik Pemkot Jayapura. Diharapkan aset ini bisa difungsikan secara optimlal untuk mendapatkan PAD. (foto:Mboik/Cepos)

JAYAPURA-Pejabat Walikota Jayapura Dr Frans Pekey meminta kepada pihak pengelola kapal wisata Youtefa, dalam hal ini Dinas Perhubungan Kota Jayapura supaya memaksimalkan pemanfaatan kapal wisata tersebut untuk kepentingan wisata yang juga dapat memberikan dampak terhadap pendapatan daerah di Pemerintah Kota Jayapura.

“Kapal milik Pemerintah Kota Jayapura yang sangat jarang kita gunakan, ada yang mungkin baru pertama kali naik kapal ini kenapa tidak gunakan kapal ini untuk jalan-jalan,” ungkap Frans Pekey, Jumat (12/1).

Diakui memang sangat disayangkan, kapal yang dibeli dengan uang rakyat dalam APBD Pemkot Jayapura ini, ternyata tidak difungsikan sebagaimana yang diharapkan.  Padahal bila difungsikan dengan baik, bisa menambah Pendapatan Asli Daerah.

“Kita tidak efektifkan penggunaan kapal kita, yang kita beli dengan uang APBD, uang rakyat, uang negara.  Berarti fungsinya selama ini juga tidak jalan optimal.

   Dia mengatakan sejak pengadaan kapal tersebut pengelolaannya belum efektif, karena itu harus dikembalikan kepada tujuan sesungguhnya dari pengadaan kapal ini, yaitu untuk wisata. “Karena itu awal tahun 2024 awal kebangkitan untuk penggunaan kapal wisata Youtefa ini. Kita kembalikan ke fungsi sesungguhnya, adalah kapal wisata,” kata Frans Pekey, Jumat (12/1).

Oleh karena itu, Frans Pekey berharap kepada Sekda dan juga pimpinan OPD terkait untuk membahas hal ini. “Apakah pengelolaannya di dinas perlu membentuk UPT,  ataukah membentuk badan usaha milik daerah, ataukah kerjasama dengan pihak ketiga. Harus dipikirkan supaya barangnya tidak menganggur, ini potensi penerimaan PAD,” ujarnya.

Karena itu dia meminta supaya ini harus segera direalisasikan. Sebab,  rencana pengelolaannya sudah dimulai dari 2021 bahkan 2022, namun sampai dengan saat ini belum juga direalisasikan pemanfaatannya secara efektif.

Dia juga meminta kepada para pengelola untuk menjaga semua aset yang ada di kapal. Jangan sampai kejadian seperti sebelumnya barang-barang atau peralatannya hilang.

  “Teman-teman yang menjadi pengelola kapal ini saya minta untuk merawat semua fasilitas yang ada di kapal ini dengan baik.  Dulu waktu pengadaan pertama kali banyak sekali peralatan yang hilang atau dicuri kita tidak tahu,” pungkasnya. (roy/tri)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version