Site icon Cenderawasih Pos

Tahun Naga Diharap Bawa Kemakmuran dan Kebaikan

Sanggar Seni Papua Golden Tiger Saat Beratraksi Pada Upacara Imlek di Vihara Dharma Kota Jayapura, Sabtu (10/2). (foto: Karel/Cepos)

Tahun Baru Imlek Dimeriahkan Dengan Atraksi Barongsai

JAYAPURA-Perayaan Tahun Baru Imlek 2575  di Kota Jayapura, Provinsi Papua dimeriahkan dengan atraksi barongasi dari Sanggar Seni Papua Golden Tiger.  Menariknya tim Golden Tiger Papua sendiri justru bukan anak anak keturunan Tiong Hoa, tapi sebagian besar dari anak anak asli Papua.

  Bahkan menurut Ketua Sanggar Seni Papua Golden Tiger, Irwan Sjaiful Tim Golden Tiger Papua, ada 30 orang, 20 orang diantaranya anak anak Papua. “Mereka (Tim Golden Golder-red) ini digembleng sejak kecil, sehingga mereka begitu matang memainkan perannya saat acara Imlek seperti ini,” ujar Irwan di Vihara Dharma, Kota Jayapura, Sabtu (10/2).

  Bahkan, kata Irwan, sebagian dari Tim Golden Tiger itu telah berkeluarga, namun masih aktif menjadi anggota Tim Golden Tiger. “Karena memang di Papua regenerasi untuk Sanggar Seni Papua Golden Tiger ini sangat minim. Sehingga anak anak Papua inilah yang kita dorong,” ujarnya.

  Diapun mengharapkan Sangar Seni Papua Golden Tiger bisa terlibat dalam sasana olahraga Pekan Olah Raga Nasional (PON). “Tapi kita yang di Papua belum bisa, karena aturan cukup belibet,” bebernya.

  Sementara itu Modalky selaku Ketua Majelis Budhayana Indonesia Papua menyampaikan tahun baru Imlek 2575 adalah Tahun Naga. Tahun Naga, menurut Modalky, adalah shio yang besar, dan cukup panas. Makna dari shio naga itu menurutnya membawa kemakmuran.

  “Shio naga ini membawa kemakmuran, bagi kita yang di Papua shio ini sangat bagus,” kata Modalky.

  Diapun mengatakan di tahun politik 2024, tahun naga itu sendiri cukup bagus, dan dapat memperoleh pimpinan yang dapat melanjutkan pembangunan di Indonesia. “Semoga dengan tahun naga ini, pemimpin yang terpilih bisa melanjutkan estafet pemimpin terdahulu,” harapnya.

  Kesempatan itu, Modalky juga menghimbau kepada seluruh warga Tiong Hoa yang ada di Kota Jayapura, agar terlibat aktif dalam pemilu 2024. “Saya imbau kepada seluruh warga Tiong Hoa di Kota Jayapura, mari kita dukung dan sukseskan pemilu 2024 dengan tidak golput,” imbuhnya. (rel/tri)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version