Site icon Cenderawasih Pos

Jadi Area Pesta Miras, Warga Tidak Nyaman Wisata 

  Menurutnya hal ini sangat mengganggu kenyamanan masyarakat untuk berwisata atau sekedar mengunjungi Jembatan Merah ataupun kafe-kafe dan rumah makan yang ada di sekitar kawasan tersebut.

JAYAPURA– Kepala Dinas Pariwisata Kota,  Matias B. Mano menyayangkan aksi-aksi tidak terpuji yang dilakukan oleh oknum masyarakat di Kota Jayapura yang menjadikan tempat atau area tujuan wisata di Kota Jayapura dialihfungsikan menjadi lokasi berpesta miras.

  Menurutnya hal ini sangat mengganggu kenyamanan masyarakat untuk berwisata atau sekedar mengunjungi Jembatan Merah ataupun kafe-kafe dan rumah makan yang ada di sekitar kawasan tersebut.

  “Itu memang membuat orang merasa tidak nyaman, karena misalnya kalau kita keluar dari arah Cafe di pinggir itu kita harus mutar,  supaya enak kalau kita mau ke arah kota tidak terganggu dengan kendaraan yang dari arah Holtekamp. Dari situ tempat sudah gelap dan itu dijadikan tempat orang nongkrong dan pesta miras di situ, itu sangat miris sekali,” kata Matias B. Mano, Sabtu (3/11).

   Karena itu, dia berharap ada peran dari aparat keamanan,  terutama aparat kepolisian untuk melakukan patroli di sekitar kawasan itu.  Karena tidak mungkin hanya mengharapkan satuan polisi pamong praja.  Ada puluhan oknum warga yang biasa datang ke tempat itu untuk melakukan pesta miras.

   “Dan kadang mereka juga parkir tidak saja di luar, tetapi sudah di area jalan. Kan itu sangat mengganggu para pengunjung lain,” katanya.

   Bahkan dia menyebut dari informasi yang diterimanya, usai pesta miras, ada juga yang melakukan balap-balap motor di jalan tersebut.  Karena itu Jembatan Merah, termasuk spot-spot wisata yang ada di sekitarnya, juga harus dijaga keamanannya dan ketertiban serta kebersihannya.  Apalagi jembatan itu merupakan ikon wisata Kota Jayapura.  Jangan sampai keindahannya dicederai dengan hal-hal seperti itu.

   “Ini juga menjadi perhatian kita pemerintah kota dan juga Balai Jalan supaya penerangan di situ harus diperhatikan,”ujarnya.

    Aksi Pesta miras di lokasi itu juga telah menimbulkan dampak lain, seperti munculnya sampah botol kaca bekas  minuman.  Bahkan yang lebih memprihatinkan lagi betul kaca tersebut sudah pecah karena itu sulit untuk dibersihkan.

   “Selain itu sampah botol kaca ini juga kan sulit sekali diurai, sehingga ini tentu harus menjadi perhatian kita semua,” tambahnya. (roy/tri)

Exit mobile version