Site icon Cenderawasih Pos

Kans Kudeta PSBS Biak

Persewar v Kalteng Putra

JAYAPURA – Persewar Waropen memiliki kans untuk mengkudeta puncak klasemen sementara Liga 2 grup D dari PSBS Biak. Dengan catatan, tim berjuluk Mutiara Bakau itu berhasil mengalahkan tamunya Kalteng Putra di Stadion Mandala Jayapura pada hari ini, Selasa (7/11).

Persewar saat ini berada pada peringkat kedua dengan koleksi 11 poin. Mereka memiliki poin sama dengan PSBS Biak sebagai pemuncak klasemen. Bila berhasil meraih tiga poin, maka Persewar dipastikan bertengger di puncak klasemen. Sebab PSBS baru akan bertanding pada 11 November.

Namun Persewar harus hati-hati, sebab Kalteng Putra tentu buka lawan yang mudah dikalahkan. Pada putaran pertama, Persewar ditahan imbang 1-1. Apalagi Kalteng Putra juga baru saja menahan imbang 2-2 Persipura di Stadion Mandala pada laga sebelumnya.

Tapi Pelatih Persewar, Eduard Ivakdalam mengaku bahwa dirinya sudah mengantongi kekuatan calon lawan. Edu sapaan akrabnya bahkan sudah memiliki beberapa opsi untuk meredam permainan dari Laskar Isen Mulang julukan Kalteng Putra.

Menurut Edu, kunci permainan dari Kalteng justru ada pada lini belakang. Dia menilai bahwa Otavio Dutra dan Willian Silva menjadi roh permainan dari Kalteng.

“Kalteng sama dengan PSBS yang bermain dengan formasi 4-4-2, dan motor serangan itu bukan dari gelandang mereka, tapi motor serangan dari Dutra dan Willian. Kita akan kunci mereka. Kita juga sudah melihat pertandingan mereka saat menghadapi Persipura,” ungkap Edu kepada awak media dalam pree match converence press di Stadion Mandala, Senin (6/11).

“Karena Dutra bisa naik ke gelandang untuk mengatur serangan dan William memiliki umpan-umpan panjangan akurasinya sangat baik, sehingga dua pemain ini meski berada di jantung pertahanan tapi kualitas umpan-umpan mereka sangat baik. Dan kita harus kunci, kita harus padamkan mereka,” sambungnya.

Sayang, Edu dalam laga ini kemungkinan tak bisa menurunkan sang goal getter, Boaz Solossa karena masih dalam pemulihan cedera pasca laga sebelumnya.

“Kita akan lihat kondisi terakhirnya besok (Selasa-red), kalau tidak bisa kita mainkan, kita tetap memiliki beberapa opsi lain. Dan ini kesempatan bagi pemain lain untuk menunjukkan kualitasnya,” ujarnya.

Legenda hidup Persipura itu juga mengingatkan pemainnya untuk tetap fokus sepanjang pertandingan, khususnya pada waktu krusial, 15 menit pertama dan 15 menit akhir. Sebab Kalteng merupakan tim yang kerap mencetak gol pada menit awal dan menit-menit akhir.

“Pelajaran berharga saat Persipura lawan Kalteng, jangan sampai apa yang terjadi pada Persipura terjadi pada kita. Kita juga perlu mengantisipasi duel udara dari Kalteng. Karena Kalteng saat lawan Persipura, mereka lebih banyak melakukan bola langsung ke depan dan kita antisipasi itu,” ucapnya.

Dia juga mengatakan bahwa waktu recovery yang singkat cukup mengganggu persiapan mereka. Tapi menurutnya, mereka akan tetap berusaha untuk mengamankan tiga poin dalam laga ini.

Kemudian salah satu pemain Persewar, Fery Ayomi mengaku bahwa dirinya bersama dengan rekan setimnya sudah sangat siap untuk menghadapi pertandingan.

Sementara itu, Eko Tamamie mengaku bahwa mereka memiliki tekad yang kuat untuk kembali mencuri poin dari Persewar. Apalagi dia membeberkan sudah mengantongi kelemahan dari tim besutan Eduard Ivakdalam itu.

“Persewar mereka punya pemain bagus, kecepatan dan pemain muda pantang menyerah. Tapi satu sisi kita melihat kelemahan Persewar dan kita akan manfaatkan itu dan saya sudah instruksikan kepada pemain untuk mengantisipasi kecepatan dari pemain Persewar,” ujarnya.

Senada dengan itu, pemain Kalteng, Giovani mengaku bahwa seluruh pemain sudah siap untuk meredam permainan cepat dari Persewar Waropen. Mereka optimis bisa mencuri poin dari Persewar Waropen. (eri/wen)

Klasemen Grup D

1. PSBS Biak 7 3 2 2 10 – 5 11

2. Persewar 7 3 2 2 8 – 10 11

6. Sulut United 7 3 1 3 7 – 8 10

3. Persipal BU 6 2 3 1 10 – 9 9

4. Kalteng Putra 7 2 3 2 9 – 7 9

5. Persipura 7 1 5 1 9 – 8 8

7. Persiba 7 1 2 4 4 – 10 5

Susunan Pemain

Persewar Waropen

4-3-3 (dari kiri)

Kiper : Adzib Hakim

Belakang : Kevin Rumakiek, Ferdinan Ayomi, Marthin Dusay, Fahad Abdullah.

Tengah : Firmas Syahbas, Rezin Wamu, Ricardo Kaka.

Depan : Josua Isir, Arody Uapdana, Jefron Sitawa.

Pelatih : Eduard Ivakdalam

Susunan Pemain

Kalteng Putra

4-4-2

Kiper : Jandia Eka Putra

Belakang : Dendi Maulana, Otavio Dutra, Willian Silva, Muhammad Rivaldi.

Tengah : Armando Obet Oropa, Manda Cingi, Nozim Babadzhanov, Giovani

Depan : Dadang Aprianto, Guy Junior.

Pelatih : Eko Tamamie

Exit mobile version