Site icon Cenderawasih Pos

Masalah El Nino, Gubernur Berikan Perhatian Khusus

Presiden Jokowi saat berjabat tangan dengan Pj Gubernur Papua, M Ridwan Rumasukun usai memberikan arahan pada rapat koordinasi dengan para Penjabat Kepala Daerah di Istana Negara, Senin (30/10) lalu. (FOTO:Humas Pemprov)

JAYAPURA – Presiden Joko Widodo memberikan sejumlah arahan kepada para penjabat kepala daerah se-Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Senin (30/10). Dalam arahannya, Presiden mendorong pemerintah daerah untuk mengendalikan inflasi dengan menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok di pasar.

Selain itu, orang nomor 1 di Indonesia ini juga mendorong daerah mengalokasikan anggaran untuk stimulus ekonomi dan bantuan sosial kepada masyarakat. Menurut Presiden, pemberian bantuan tersebut akan sangat membantu masyarakat.

Arahan lainnya, Presiden juga mengingatkan para penjabat kepala daerah untuk tetap waspada terhadap dampak dari fenomena super El Nino. Meski di beberapa daerah hujan telah turun, tetapi potensi kebakaran juga harus tetap diantisipasi.

Presiden juga membahas terkait peran kepala daerah memasuki tahun politik 2024. Kepala Negara menegaskan agar para kepala daerah terus memberikan dukungan kepada KPUD dan Bawaslu tanpa melakukan intervensi apapun, serta memastikan netralitas ASN terjaga.

Terakhir, Kepala Negara mendorong daerah untuk terus mendukung program prioritas pemerintah seperti penurunan kemiskinan ekstrem, pemberantasan stunting, dan hilirisasi industri.

Terkait dengan arahan presiden tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Papua Jeri Agus Yudianto menyampaikan, arahan Presiden sejalan dengan prioritas yang sedang dijalankan oleh Gubernur Papua M Ridwan Rumasukun.

“Terkait dengan Pemilu, lima hari pasca dilantik Penjabat Gubernur langsung bertemu dengan penyelenggara, guna membahas hal-hal terkait pada penyelenggraan (tahapan / Non Tahapan).

“Khusus dana APBD, untuk penyelenggaraan sementara berproses diharapkan dapat segara diproses penandatanganan NPHD-nya sesuai ketentuan yang berlaku,” beber Jeri saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos, Rabu (1/11).

   Selain itu lanjut Jeri, perhatian khusus Pj Gubenur kepada para Komisioner KPUD untuk menjaga kesehatan agar semua agenda Pemilu di Papua berjalan dengan lancar, aman dan damai.

Sementara itu, terkait dengan El-nino. Gubernur Papua memberikan perhatian sangat serius pada perlindungan hutan dan lingkungan di bumi cenderawasih.

  “Khusus untuk ini  pada beberapa kesempatan saat kunjungan kerja PJ. Gubernur Papua selalu memberikan waktunya untuk melakukan penanaman pohon di kawasan mangrove , pantai ataupun lainnya,” pungkasnya. (fia/tri)

Exit mobile version