Site icon Cenderawasih Pos

Kondisi Sentra Kuliner Pasar Sentral Timika Memprihatinkan

Sentra Kuliner Pasar Sentral Timika, Mimika, Papua Tengah, Selasa (23/4/2024). (Foto: Cenderawasih Pos/Moh. Wahyu Welerubun).

MIMIKA – Kondisi terkini Sentra Kuliner Pasar Sentral Timika kini semakin Memprihatinkan lantaran banyak fasilitas yang dibangun pemerintah beberapa tahun lalu itu sudah cacat dan tidak layak untuk digunakan.

Hal itu terlihat dari kondisi tenda-tenda tempat berteduh yang dipasang di sisi tengah Sentra Kuliner yang sudah terlihat rusak hingga tempat-tempat duduk serta meja yang tidak lagi terurus.

Selain ini, pengunjung di Sentra Kuliner Pasar Sentral Timika dalam dua tahun terakhir terpantau berkurang dan hanya rame di momen-momen tertentu saja seperti malam minggu. Ditambah lagi, banyak pedagang yang kini mogok berjualan akibat kondisi sentra kuliner yang sepi pengunjung.

Faris, seorang pedagang yang berjualan mengaku omsetnya menurun drastis dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, selama berjualan di pasar tersebut dirinya tidak pernah meraup omset lebih melainkan banyak pengeluaran ditambah retribusi yang harus dibayar setiap bulan.

“Paling-paling rame sedikit kalo malam minggu. Sekarang sudah tidak sama kayak dulu awal-awal dibuka,” kata Faris kepada Cenderawasih Pos, saat dihubungi, Selasa (23/4/2024).

Faris menyebut, meskipun sepi, mau tidak mau dia harus tetap berjualan untuk mencari penghasilan.

Senada dengan Faris, Ume, seorang pedagang lainnya yang menempati salah satu kedai di kawasan itu juga mengeluhkan hal yang sama.

Kendati demikian, apapun konsekuensinya kata Ume sebagai perdagangan sudah harus siap untuk menanggung kondisi sepi yang sering ia alami. “Yah mau gimana lagi,” singkatnya.

Atas kondisi itu, Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Perindustrian dan Pergadagangan (Disperindag) dalam tahun ini berencana membenahinya dan mencari solusi baru untuk nasib pasar pusat kuliner itu.

“Tahun kita benahi untuk tempat pengunjung datang itu yang tahun ini kita programkan untuk dibenahi. Nanti bukan kita pake tenda lagi tetapi kita bangun permanen,” ungkap Kepala Disperindag Kabupaten Mimika, Petrus Pali Ambaa saat ditemui di Hotel Horison Ultima Timika, Mimika, Papua Tengah.(mww)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version