Site icon Cenderawasih Pos

Terima Massa, Ketua KPUD Mimika; Akan Diproses di Provinsi 

Ketua KPUD Mimika saat menerima aspirasi tertulis dari massa pendukung caleg Partai Dekokrat, Nomor Urut 3, Martinus Walilo. 

MIMIKA – Aspirasi massa pendukung salah satu calon anggota legislatif (Caleg) dari partai Dekokrat, Nomor Urut 3, Martinus Walilo telah diterima oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Mimika, Dete Abugau usai aksi unjuk rasa di depan gerbang Graha Eme Neme Yauware, Mimika, Papua Tengah, Jum’at (8/3/2024).

Dete mengapresiasi langkah-langkah demonstran yang berupaya mengangkat Marwah demokrasi itu tanpa melakukan tindakan-tindakan anarkis.  Dete mengatakan, akan menindaklanjuti aspirasi dari para pendukung caleg Partai Demokrat Nomor Urut 3 itu di KPU Provinsi Papua Tengah.

“Aspirasi yang disampaikan ini kami KPU tetap ambil tetapi mekanisme dalam pleno itu ada. Kemarin itu kita sudah memberikan ruang kepada teman-teman yang protes, ketiga melihat hasil itu kami sudah memberikan ruang untuk mereka isi form keberatan pada saat pleno di distrik Tembagapura kami sudah lakukan itu dan akan kami lanjutkan ke provinsi,” tutur Dete Abugau kepada asak media.

Sementara itu, Koordinator Divisi Hukum KPUD Mimika, Hironimus Kia Ruma membenarkan, berkaitan dengan unjuk rasa ini, sebelumnya pada saat pleno tingkat kabupaten, keberatan yang disampaikan para saksi dari Partai Demokrat justru membawa form C hasil.

Hironimus menjelaskan, menurut para saksi saat pleno tingkat distrik, Panitia Pemilihan Distrik (PPD) tidak memberikan ruang bagi para saksi.

Lanjutnya, karena aspirasi tersebut disampaikan langsung ke KPU di tingkat kabupaten maka mekanismenya adalah harus diteruskan ke tingkat provinsi.

“Nanti (KPU) provinsi melakukan koreksi di sana untuk keputusan apapun akan kami tindak lanjuti. Kalau memang harus dikembalikan ya kami akan kembalikan, seperti itu mekanismenya,” tandasnya.

Kemudian, berkaitan dengan dugaan kecurangan pada PPD, kata Hironimus harus ditindak melalui Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu). (mww)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version