Site icon Cenderawasih Pos

Jelang Pilkada, Pegawai ASN dan Non ASN Harus Netral

Jajaran Kepala OPD di lingkungan Pemkab Jayapura saat mendapat arahan dari Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo,  dalam Rakerda dan meminta dalam Pilkada 2024,  ASN dan non ASN harus tetap netral. (foto:Priyadi/Cepos)

SENTANI -Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo mengatakan, saat ini tahapan pelaksanaan Pilkada serentak 2024 sudah mulai berjalan. Dimana Partai Politik sudah membuka pendaftaran bagi calon kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Kontestan politik yang mau maju juga tidak hanya dari kalangan partai politik, pengusahadan  swasta, namun  ada juga dari kalangan birokrasi pemerintahan.

Untuk itu, bagi Calon Kepala Daerah (Cakada)  yang mau maju dalam Pilkada Kabupaten Jayapura dari kalangan birokrasi ASN Pemkab Jayapura diminta tetap mengikuti aturan yang ada, sehingga tidak mencampur adukan kepentingan politik dengan aturan dalam birokrasi ASN sebagai abdi negara dan pelayanan masyarakat.

“Kami harap ASN di lingkungan Pemkab Jayapura yang mau maju dalam Pilkada 2024 tetap ikuti aturan yang ada. Pasti para ASN sudah tahu apa yang menjadi konsekwensinya,”ucapnya, Rabu (24/4).

Untuk itu, diharapkan pejabat senior ASN yang maju sebagai Cakada tetap mengikuti aturan yang berlaku dan diingatkan kepada ASN juga harus netral tidak boleh melakukan politik praktis dengan membawa pekerjaan untuk politik Pilkada.

  “Kita sudah selalu ingatkan ASN di lingkungan Pemkab Jayapura harus tetap netral dan professional. Tidak melakukan politik praktis pada saat Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden serta Wakil Presiden yang sudah selesai. Namun kini kita akan diperhadapkan dengan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Jayapura pada bulan November 2024 ini. Saya minta ASN di lingkungan Pemkab Jayapura tetap  netral dan profesional,”jelasnya.

Triwarno juga meminta ASN dan non ASN di lingkungan Pemkab Jayapura dalam pelaksanaan Pilkada 2024 tetap mendukung Pilkada yang damai. Terlebih di lingkup Pemerintah Kabupaten Jayapura,  pegawai ASN tetap semangat dalam bekerja tidak boleh kendor dan tetap netral. Tidak boleh terlibat politik praktis dalam segala tahapan Pemilu yang saat ini berlangsung.

Ditambahkan, bagi pegawai ASN dan Non ASN di Pemkab Jayapura harus tetap menjaga netralitas, hati-hati menggunakan sosial media (sosmed), saat berfoto berpikir dulu sebelum mengupload, karena sebagai ASN harus netral jangan melakukan politik praktis. “Ingat apa dampaknya jika kita tidak netral dan jika ketahuan ada buktinya tentu pasti akan diberikan tindakan tegas,” tandasnya.(dil/ary)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version