Site icon Cenderawasih Pos

Masyarakat OAP Harus Merasakan Manfaat dari Dana Otsus

Sekda Kabupaten Jayapura Hana S.Hikoyabi (foto:Priyadi/Cepos)

SENTANI-Sekda Kabupaten Jayapura Hana S. Hikoyabi mengungkapkan, tahun ini Pemkab Jayapura mendapatkan dana Otonom khusus (Otsus) sebesar Rp 210 miliar atau mengalami peningkatan dari tahun 2023 sebesar Rp 111 miliar.

Naiknya dana Otsus tersebut dikarenakan Pemkab Jayapura melalui OPD yang mengelola dana Otsus melakukannya dengan baik,  sehingga sebagai bentuk apresiasi dan dukung pemerintah pusat ke Pemkab Jayapura tahun ini dana Otsus dinaikkan .

“Alokasi dana Otsus  Kabupaten Jayapura tahun 2024 berjumlah Rp 210 miliar. Mengalami kenaikan dibanding tahun 2013. Hal ini merupakan hasil perjuangan BAPPEDA dan seluruh OPD,  yang dengan gigih memberikan implementasi pelaporan yang baik kepada provinsi, sehingga dalam RAB Otsus yang berjalan kita mendapat catatan terbaik di Papua,”ungkapnya, Kamis (21/3) kemarin.

Oleh karena itu, Sekda Hana berpesan kepada OPD pengelola dana Otsus agar lebih ditingkatkan lagi dan tetap menjadi yang terbaik. Bagi OPD teknis yang mengelola dana Otsus dengan pagu anggaran yang besar yaitu untuk kesehatan, pendidikan, kesejahteraan masyarakat, pemberdayaan ekonomi harus terus ditingkatkan. Karena dana Otsus diberikan ke Pemerintah supaya masyarakat OAP bisa merasakan dampaknya sampai ke kampung-kampung.

“Kenaikan dana Otsus harus beriringan dengan perubahan-perubahan yang berarti di masyarakat. Baik pendidikan dan kesehatan gratis maupun pemberdayaan ekonomi masyarakat,  sehingga dana Otsus benar- benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat OAP Kabupaten Jayapura,”ungkapnya.

Sekda Hana minta semua program yang dibiayai dari dana Otsus setiap tahun ada manfaat yang dirasakan secara nyata kepada masyarakat OAP Kabupaten Jayapura. Jangan sampai masyarakat tidak tahu dan tidak merasakan apa manfaat dana Otsus dan kehadirannya. Dana Otsus harus dirasakan sampai di kampung- kampung.

Sekda juga tidak mau lihat ada pelayanan yang diberikan ke masa OAP di  Rumah Sakit Yowari dipungut biaya karena sudah ada dana Otsus. Rumah sakit punya tugas berikan pelayanan kepada masyarakat OAP yang membutuhkan perawatan.(dil/ary)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version