Site icon Cenderawasih Pos

Ditargetkan 2024 Semua Puskesmas Raih Akreditasi  Paripurna dan Utama

Sekretaris Dinkes Kabupaten Jayapura Edward Sihotang  (kiri) bersama Menteri Kesehatan dalam kunjungan dan penyerahan bantuan di Puskesmas Harapan baru-baru ini. (foto: Priyadi/Cepos)

SENTANI -Dari 22 Puskesmas yang berada di Kabupaten Jayapura,  Dinas Kesehatan telah melakukan survei akreditasi di 20 Puskemas di tahun 2023 dan pada tahun 2024 status Puskesmas diharapkan semua sudah terakreditasi, dengan minimal status akreditasi utama atau paripurna.

Sehingga pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat benar- benar optimal dan memenuhi standar dan semua Puskesmas bisa bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura Edward Sihotang mengatakan, mulai tahun 2023 dan 2024 semua Puskesmas sudah wajib terakreditasi dan Dinkes Kabupaten Jayapura pada tahun 2023 ini telah membiayai 20 Puskesmas melalui survei akreditasi dan sisanya dibiayai tahun 2024 untuk Puskesmas Distrik Gresi Selatan dan Puskesmas Distrik Airu.

“Dimulai survei akreditasi sejak tanggal 27 Oktober dan selesainya tanggal 16 Desember 2023. Terakhir survei akreditasi di Puskesmas Harapan dan Ravenirara, selama survei akreditasi dari 20 Puskesmas yang sudah berjalan,  ada 1 Puskemas yang hasilnya sudah keluar pertama yakni di Puskesmas Depapre dengan hasil akreditasi utama,  sedangkan lainnya masih menunggu dari Kementerian Kesehatan,”ungkapnya.

Sedangkan target Dinkes Kabupaten Jayapura  ada 2 Puskesmas yang bisa meraih akreditasi paripurna dan lainnya bisa akreditasi utama dan jangan sampai ada Puskesmas yang dapat akreditasi dasar.

Lanjutnya, akreditasi Puskesmas terbagi dari Puskemas akreditasi dasar, madya, utama dan paripurna. Untuk akreditasi sendiri masa berlakunya hanya  lima tahun sekali kemudian setelah itu dilakukan kembali survei akreditasi.

“Akreditasi ini menggambarkan mutu dari Puskesmas contohnya di Puskesmas Depapre mendapatkan akreditasi utama. Sedangkan target Puskesmas akreditasi Paripurna adalah Puskesmas Sentani dan Puskesmas Sentani Timur,”ujarnya

Dijelaskan, dengan Puskemas telah mendapatkan status akreditasi maka memberikan jaminan mutu layanan kesehatan kepada masyarakat dan bagi Puskesmas mendapatkan manfaat Puskesmas bisa kerjasama dengan Puskesmas.(dil/ary)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version