Site icon Cenderawasih Pos

Kepala Kampung dan Bamuskam Harus Jaga Netralitas dan Independen

Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo saat melantik Kepala Kampung Kwadiware, Distrik Waibu, Markus Tungkoye dan pengukuhan anggota Bamuskam di 20 Kampung yang ada di 6 distrik, berlangsung di Lapangan Apel Gunung Merah, Sentani,  Selasa (5/12)kemarin. (FOTO: Priyadi/Cepos)

SENTANI -Pengambilan sumpah janji  jabatan kepala kampung dan pengukuhan anggota Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam) di 20 Kampung Kabupaten Jayapura dilakukan Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, Selasa (5/12).

Kepala Kampung yang dilantik yakni Kepala Kampung Kwadiware, Distrik Waibu, Markus Tungkoye. Pengambilan sumpah janji jabatan berlangsung di lapangan apel Gunung Merah Sentani, Kabupaten Jayapura, disaksikan Sekda Kabupaten Jayapura Hana Hikoyabi, Asisten I Setda Kabupaten Jayapura Elphina Situmorang dan pimpinan jajaran  OPD Pemkab Jayapura, Kepala Distrik Kabupaten Jayapura.

  Triwarno, mengatakan Bamuskam dan Kepala Kampung yang dilantik harus mampu dan bisa bekerja dengan baik sesuai dengan aturan yang ada. Tidak boleh menyalahgunakan jabatan, apalagi sekarang sudah memasuki pesta demokrasi Pemilu serentak 2024, aparat kampung dan Bamuskam tidak boleh melakukan politik praktis, jaga independen dan netralitas.

Triwarno juga mengingatkan, untuk kepala kampung dalam  pengelolaan dan penggunaan dana desa, alokasi dana desa harus digunakan tepat sasaran, sesuai aturan yang berlaku.

“Saya harap pengukuhan anggota Bamuskam dan Kepala Kampung yang dilantik harus ada tanggung jawab  yang melekat bisa dilaksanakan dengan baik sesuai dengan sumpah janji bahwa tanggung jawab ini bukan hanya bertanggung jawab di dalam pelayanan kita, tetapi tanggung jawab kepada Tuhan dan juga kepada semua anggota Bamuskam dan aparat kampung,”pesannya

Sementara itu,  Kepala Bagian Pemerintahan Kampung dan Kampung Adat Setda Kabupaten Jayapura, Steven Ohee mengatakan, pengukuhan anggota Bamuskam di 20 kampung yang ada di 6 distrik Kabupaten Jayapura  telah menerima SK dan nanti akan didorong lagi ada pelantikan lagi  Bamuskam di 22 kampung dimana saat ini masih menunggu SK-nya.

Diharapkan, kepala kampung dan Bamuskam bisa bekerja dengan baik tidak boleh melakukan politik praktis selama ada Pemilu 2024 dan bisa membantu program pemerintah.(dil/ary)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version