Site icon Cenderawasih Pos

Pembukaan Lahan Pertanian 1 Hektar Di Setiap Distrik Mulai Dilakukan

PJ Bupati Jayawijaya Dr. Sumule Tumbo, SE, MM bersama Sekda Jayawijaya Thony M Mayor, Spd, MM saat bersama melakukan pengoperasian Handtractor dalam Pembukaan Lahan Pertanian 1 Hektar di setiap distrik yang milau dari Kampung Honelama II (foto:Denny/ Cepos)

WAMENA – Upaya pemerintah Kabupaten Jayawijaya dalam melakukan penekanan inflasi daerah maka pemerintah membuka lahan pertanian untuk 1 hektar untuk setiap distrik, sehingga akan ada 40 hektar lahan pertanian yang akan dibuka di 40 distrik di wilayah itu. Lahan pertanian ini  untuk dikembangkan dalam rangka memenuhi pangan local dalam daerah.

  Untuk mewujudkan program tersebut secara resmi pemerintah Kabupaten Jayawijaya melauncing pembukaan lahan pertanian seluas 1 hektar di wilayah Kampung Honelama II Distrik Wamena Kota yang ditandai dengan pemberian peralatan kerja serta bibit tanaman kepada masyarakat yang akan menggarap lahan tersebut sebab hasilnya nanti akan dikembalikan kepada masyarakat.

  PJ Bupati Jayawijaya Dr. Sumule Tumbo, SE, MM menyatakan kelompok tani ini dengan semangat mencoba untuk mengubah kehidupan dengan cara mengelola lahan yang subur ini, untuk  ketahanan pangan dalam rangka menekan inflasi dalam daerah dalam membantu masyarakat di Jayawijaya pada umumnya.

“Pemerintah daerah kominten untuk memberikan peralatan produksi seperti handtractor, parang, skop, dan juga peralatan untuk menggali tanah, bibit yang akan ditanami sehingga masyarakat bisa diajak untuk bekerjasama, baik keluarga, maupun yang lainnya,”ungkapnya Senin (18/3) kemarin di Kampung Honelama II Wamena.

  Menurutnya,  ini adalah bukti nyata kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat, sehingga apapun kebutuhan masyarakat harus dilayani oleh pemerintah, ini adalah komitmen pemerintah Kabupaten Jayawijaya untuk membangun perkebunan dan membangkitkan masyarakat untuk tetap mempertahankan budaya berkebun,

“Hasil yang akan diperoleh dari lahan ini nantinya akan di pergunakan masyarakat kembali, dan lahan yang dibuka ini nantinya akan menjadi percontohan se kabupaten Jayawijaya yang akan dilanjutkan ke Distrik –distrik,”jelas PJ Bupati.

Ia juga mengaku peperintah juga menginginkan hal yang sama terjadi untuk Distrik –distrik yang lainnyadalam pembukaan lahan ini, sehingga diharapkan masyarakat yang mau membuka lahan ini segera melakukan komunikasi dengan kepala Distrik setempat agar pemerintah bisa menyiapkan apa yang dibutuhkan.

“Saya mengajak Sekda Jayawijaya dan seluruh OPD serta lapiran masyarakat Jayawijaya untuk mendukung penuh program ini , menyiuapkan pangan local yang ada di Jayawijaya untuk kepentingan masyarakat sendiri,”kata Sumule Tumbo

Pj Bupati Juga menambahkan jika apa yang didorong pemerintah saat ini seperti pembukaan lahan pertanian ini bukan tanpa alasan tapi karena potensi pertanian yang sanagat besar sebab tanah di Jayawijaya sangat subur untuk lahan pertanian, tak perlu ada campuran bahan kimia atau apapun.

“kita lihat potensi yang ada dalam masyarakat sehingga kita dorong untuk membuka lahan, disatu sisi pengolahan perkebunan juga tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat ,” tutupnya. (jo)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version