Site icon Cenderawasih Pos

Libatkan UMKM dari 8 Kabupaten PPCW Fest Pertama Resmi DiBuka

PJ Gubernur Papua Pegunungan Dr. Velix Vernando Wanggai SIP, MPA bersama Muspida saat membuka PPCW Fest di lapangan Pendidikan Wamena. (foto:Denny/ Cepos)

WAMENA – Papua pegunungan Chrismas Week Festival yang dipusatkan di Lapangan pendidikan Wamena resmi di Buka PJ Gubernur Papua pegunungan Dr. Velix Vernando Wanggai bersama Muspida, yang akan dilakukan hingga 20 Desember mendatang dengan menampilkan berbagai hasil kerajinan tangan dari UMKM yang ada di 8 Kabupaten.

PJ Gubernur Papua pegunungan Dr. Velix Vernando Wanggai, SIP, MPA menyatakan pemerintah Provinsi Papua pegunungan harus membuat fondasi baru untuk rumah baru yang dikemas dalam acara bersama yaitu Papua Pegunungan Chrismas Week Festival (PPCW Fest), sebenarnya ini bukan acara pemerintah, tapi acara bersama.

“kami pemerintah hanya memfasilitasi, namun di hari ini semua yang di kordinir oleh Nius Work Intertaimen yang didukung oleh KNPI dan semua organisasi kepemudaan bisa dilaksanakan, namun besar harapan pemerintah anak –anak mudah ini bisa menjaga keamanan di tanah ini,”ungkapnya Minggu (17/12) kemarin.

Menurutnya dalam pelaksanaan PPCWFest juga melibatkan bapak –bapak dan mama-mama yang punya usaha atau maca pencarian di ekonomi kratif dan dan pertanian, kopi buah merah, sayur-mayur, sehingga saat ini pemerintah Provinsi Papua pegunungan mendeklarasikan dari lapangan pendidikan wamena bahwa Papua pegunungan adalah Provinsi Pertanian.

“PPCWFest sebenarnya telah berjalan selama 2 hari sejak kemarin telah dilakukan pembukaan dan mulainya persiapan, kami dapat laporan acara hari pertama hingga pukul 23.00 Wit oleh karena itu saya apresiasi bagi adik –adik panitia yang menjaga keamanan,”jelasnya

Secara terpisah Ketua Panitia PPCWFest yang juga sebagai Kepala Dinas PUPR Provinsi Papua pegunungan Irwanto Halitopo,ST, MT menyatakan akan berlangsung selama 5 hari kedepan dan sudah dimulai sejak Shoflauncing kemarin sabtu (16/12), adapun agenda yang dilakukan dalam rangka ini adalah proses pembangian ikan  yang secara keseluruhan ada 15 ton.

“jadi kemarin sudah kita bagikan 5 ton, saat ini juga sudah ada lagi 5 Ton dan besok akan datang lagi 5 Ton ini semua akan kita bagikan juga kepada organisasi kemasyarakatan, paguyuban, denominasi gerja , masjid , asrama dan panti asuhan menjadi bagian dari acara ini,”bebernya

Disamping itu lanjut irwanto, pararel dengan pembagian ikan, pihaknya juga akan melakukan pembagian sembako yang awalnya pasar murah namun pihaknya meniadakan itu dan hanya melakukan pembagian 9 bahan pokok secara gratis, sisamping itu ada kegiatan olah raga seperti Futsal, volley, dan besok ada lari marathon.

“Pada puncak acara kita akan melakukan rekonsiliasi, akan dilakukan bersama dengan paguyuban yang ada sehingga di imbau untuk menggunakan pakian adat masing –masing  dan ditutup dengan Ibadah Natal Pemda Provinsi Papua pegunungan bersama 8 Kabupaten,”jelasnya

  Sementara itu Direktur Nies Work Intertaiment, Nies Tabuni menyatakan  dalam persiapan PPCWFest ini yang terlibat langsung adalah anak –anak Papua yang terdiri dari beberapa musisi, 160 UMKM yang disiapkan dari 8 Kabupaten, namun antusiasnya sangat tinggi sehingga ada penambahan beberapa UMKM.

“Kami menggerakan Pemuda dari 8 Kabupaten untuk mengamankan kegiatan ini sekaligus mempersiapkan semua yang dibutuhkan dalam kegiatan ini, tentunya ini salah satu kerinduan orang muda di Papua pegunungan sehingga dalam kesiapan ini semua ditangani oleh pemuda,”jelasnya. (jo)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version