Site icon Cenderawasih Pos

Polres Jayawijaya Minta Tambah Ratusan Personel

Kapolres Jayawijaya AKBP. Heri Wibowo, S.IK didampingi Kasat Reskrim Polres Jayawijaya. (foto:Denny/ Cepos)

Untuk Ikut Amankan Pendaftaran Bacakada

WAMENA – Polres Jayawijaya memastikan bakal minta bantuan BKO sebanyak 400 personel  dari Polda Papua guna memperkuat personel  pengamanan yang sudah ada di wilayah tersebut dalam pendaftaran bakal calon kepala daerah (Bacakada) baik Gubernur dan dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati yang secara serentak akan dibuka pada 27 Agustus mendatang.

Kapolres Jayawijaya AKBP. Heri Wibowo, S.IK menyatakan untuk pengamanan pihaknya telah menyurat juga ke Polda Papua terkait dengan penambahan BKO, dimana dalam surat itu diminta oleh polres Jayawijaya sekitar 300 sampai dengan 400 personel  untuk membantu pengamanan di Provinsi Papua pegunungan maupun di Kabupaten Jayawijaya.

“Kita tahu  bersama Kabupaten Jayawijaya sebagai ibukota dari Provinsi Papua Pegunungan sehingga dalam pendaftaran yang akan dilakukan ini juga di dua tempat berbeda yang pertama untuk pendaftaran Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur di KPU Papua Papua pegunungan serta Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Jayawijaya,”ungkapnya  Rabu (14/8) di Polres Jayawijaya

Menurutnya dengan adanya dua agenda besar di Kabupaten Jayawijaya ini maka sudah pasti Polres Jayawijaya membutuhkan personel  tambahan, guna melakukan pengamanan baik untuk Provinsi maupun untuk Kabupaten sebab agenda tersebut juga akan berjalan bersamaan atau serentak dilakukan.

“Karena ini bersamaan maka tentunya kita harus membagi personel  yang ada sebagian di Provinsi Papua Pegunungan dan Sebagian lagi di Kabupaten Jayawijaya,  sehingga pelaksanaan pendaftaran bisa berlangsung dengan baik dan aman,”jelasnya.

Ia juga mengaku untuk personel  Polres Jayawijaya sendiri ada 300 lebih ditambah Brimob Batalyon D Wamena 100 personel,  sehingga memang masih kurang untuk melakukan pengamanan untuk agenda nasional ini,  oleh karena itu Polres Jayawijaya masih membutuhkan personel  dari Polda Papua untuk bisa membackup pengamanan.

“Kita masih butuh personel dari Polda Papua untuk membackup pengamanan di wilayah ini, sebab personel  yang kita miliki saat ini masih terbatas,” ujar Heri Wibowo

Disingung terkait tingkat kerawanan, Kapolres Heri Wibowo, mengajak seluruh masyarakat di wilayah Kabupaten Jayawijaya untuk sama -sama memanjatkan Doa agar hal -hal yang tidak iinginkan tidak terjadi dan keamanan wilayah ini bisa terus kondusif tanpa ada gangguan keamanan.

“Kalau soal rawan, mungkin kita sama -sama berdoa agar agar apa yang tidak diinginkan seperti gangguan kamtibmas tidak terjadi seperti yang ditakutkan oleh masyarakat, dan pelaksanaan agenda pilkada bisa berjalan dengan baik,”singgungnya

Ia juga menambahkan akan melakukan koordinasi dengan tokoh masyarakat, adat dan agama agar bersama -sama kepolisian untuk mengendalikan situasi keamanan di Ibukota Provinsi Papua Pegunungan khususnya Wamena.

“Kami juga mengharapkan ada partisipasi dari tokoh masyarakat, adat dan agama untuk bersama -sama memberikan rasa aman diwilayah kita bersama -sama, sebab masalah keamanan bukan hanya menjadi tugas kepolisian semata namun menjadi tugas kita bersama,” tutupnya. (jo/wen)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version