Site icon Cenderawasih Pos

HUT DWP Kabupaten Yalimo Gelar Lomba Peragaan Busana Adat

Bupati Yalimo Dr. Nahor Nekwerk menghadiri kegiatan lomba dalam rangka HUT DWP Kabupaten Yalimo sekaligus peringatan hari Noken sedunia . (foto Humas for Cepos)

YALIMO– Dalam rangka HUT Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Yalimo  tahun 2023  menyelenggarakan lomba peragaan busana adat  suku Yali  [ Fasion Show ]  dan busana adat Papua modern.

Kegiatan ini juga bertepatam dengan memperingati Hari Noken sedunia  pada 4 Desember 2023 , dan peserta lomba yakni antar dinas, kantor dan bagian yang ada di lingkungan Pemda Kabupaten Yalimo. Kegiatan ini dipusatkan di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Yalimo.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bupati Yalimo Dr. Nahor Nekwerk, Sekda Dr. Isak Yando, Ketua DPRD Kabupaten Yalimo Markus Walilo, Perwira Penghu bung Kodim Jayawijaya , para Asisten  Setda , OPD di lingkungan Pemkab Yalimo serta tamu undangan lainnya ,

  Bupati Nahor Nekwek mengatakan bahwa Hari Noklen sedunia  yang ditetapkan oleh UNESCO pada tanggal 4 Desember merupakan salah satu kebanggaan  masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Papua  dan lebih khusus masyarakat  Papua Pegunungan  dimana Indonesia mempunyai  banyak warisan budaya  yang sangat luar biasa   julai dari Sabang hingga Merauke.

   Indonesia memiliki beragam suku bangsa  dan kelompok masing-masing suku budaya sendiri-sendiri  yang merupakan keunikan budaya  terutama di Provinsi Papua Pegunungan  dimana noken merupakan  peninggalan warisan leluhur  nnenek moyang, dengan demikian ia mengajak  masyarakat untuk tetap  mencintai noken  yang sudah diakui oleh dunia.

” Dengan melestarikan, dan memanfaatkan  noken menjadi kebudayaqan yang lebih luas  bagi masyarakat Papua  dan manfaat dan fungsi noken  bagai masyarakat Papua adalah sangat banyak adalah seperti  bayi atau anak kecil dimasukan dalam noken , dan juga isi makanan apa saja , isi  hasil bumi dari kebun , dan isi barang -barang sakral sehubungan dengan tradisi orang papua pegunungan dan lain sebagainya,” terangnya.

  Lebih jauh Bupati Nahor Nekwek menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Yalimo melakukan kegiatan positif  bagi pemerinyah Kabupaten Yalimo dan masyarakat.

” Kami pemerintah Kabupaten Yalimo mendukung dan memberikan apresiasi kepada Dharma Wanita Persatuan mengikuti kegiatan lomba ini yang melibatkan istri-istri pegawai negeri sipil di lingkungan Pemda Yalimo. Dengan demikian pemerrintah daerah mendukung sepenuhnya kegiatan-kegiatan positif yang dilaksanakan. Saya mengajak kepala bagian OPD untuk mendukung kegiatan positif yang dilaksanakan oleh siapapun untuk mendukung penerintah daerah sesuai visi misi pemrintah Kabupaten Yalimo, “ ungkapnya.

Semetara itu Ketua DWP Kabupaten Yalimo  Ny. Yando mengatakan bahwa untuk mengikuti  peringatan HUT DWP yang ke-24 tahun  2023  yang tepatnya jatuh pada 7 Desember 2023  DWP Kabupaten Yalimo  adakan kegiatan pada 4 Desaember 2023 bersamaan dengan Hari Noken Sedunia. dalam  rangka memperingati HUT DWP Kabupaten Yalimo  telah melaksanakan beberapa kegiatan diantaranyan pada 24 November 2023  penanaman bibit pohon di lingkungan SMP YAKPESMI , halaman gereja GJRP Jemaat Eklesia Elelim  dan dilingkungan SMA Negeri I Elelim, kemudian pada 25 November 2023 mengikuti upacara bendera Hari Guru Nasional di halaman SMA Negeri I Elelim , pada 27 Nopember 2023 melaksanakan pembinaan organisasi  dengan nara sumber dari Dharma Wanita Persatuan Provinsi Papua Pegunungan, dan pada 4 Desember 2023 melakukan peragaan busana  adat papua  dimana diikuti oleh  sejumlah peserta  dari berbagai unsur  pelaksana , denganm demikian  dharma wanita persatuan aakan menjadi  pelopor dalam kebiasaan  pemakaian busana  adat.

”Peragaan busana ini  merupakan keberlanjutan  dari pembangunan  yang berkearifan local  dan penggunaan atribut kearifan local  akan menjadi suatu  kebiasaan antinjya  , pemakaian noken dalam aktifitas  sehari hari  dan noken semakin berkembang,” jelasnya.(ist/luc)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version