Site icon Cenderawasih Pos

Tidak Boleh Terjadi Dualisme KNPI di Papua 

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Papua Selatan Soleman Jambormias, mewakili Pj Gubernur Papua Selatan didampingi Ketua Umum DPP KNPI Pusat Haris Pertama, Ketua Carateker KNPI Papua Selatan Jeferson Jemi Liunsanda dan ketua-ketua OKP saat membuka Rapat Pimpinan Paripurna Daerah KNPI Provinsi Papua Selatan, di Hotel Halogen Merauke,  Jumat (15/12/2023) (FOTO:Ceposonline.com/Sulo)

MERAUKE– Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Pusat Haris Pertama meminta  agar di Tanah Papua apalagi di Papua Selatan tidak boleh terjadi perpepecahan pemuda atau dualisme kepemimpinan KNPI seperti yang terjadi di pusat saat ini. Namun begitu, Haris Pertama menyakini, tidak ada perpecahan pemuda dari Sabang sampai Merauke.Pemuda tetap solid, tetap menjadi satu

‘’Cukup di pusat saja. Saya juga berusaha menyatukan karena semangat pemuda ini untuk bagaimana kita sama-sama memperjuangkan masa depan Indonesia yang lebih baik. Karena berbagai persoalan akan dihadapi bangsa ini kedepan,’’ kata Haris Pertama pada Rapat Pimpinan Paripurna Daerah KNPI  Papua Selatan, di Hotel Halongen Merauke, Jumat (15/12/2023).

Haris Pertama menjelaskan bahwa  dari 300 lebih pengurus cabang daerah di Indonesia tidak yang pecah. Semuanya solid. ‘’Teman-teman bisa memperjuangkan persatuan. Tapi, kalau kami dari DPP KNPI pecah 10 pun tidak jadi masalah. Karena kami punya kesatuan yang solid.

Bagi kami, perpecahan yang ada itu bukan perpecahan pemuda. Tapi perpecahan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang menginginkan kekuatan pemuda menjadi sebuah kekuatan yang lemah,’’ tandasnya.

Dikatakan, pembangunan di Papua tergantung dari pemuda Papua saat ini. Bukan pemuda yang berasal dari Jakarta. ‘’Bagaimana  membangun Papua kedepan, teman-teman yang ada di Papua yang bisa menentukan arah pembangunan di 6 provinsi di Papua,’’ jelasnya.

Ditambahkan, siapapun yang tepilih nanti pada Musda yang akan digelar setelah Rapim Paripurna Daerah tersebut adalah yang terbaik yang memiliki visi untuk membangun pemuda Papua Selatan kedepan.   

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Papua Selatan Soleman Jambormias, mewakili Pj Gubernur Papua Selatan saat membuka Rapim Paripurna Daerah KNPI Ppaua Selatan tersebut berharap  bahw amejadi ketua pemuda tidak sekedar menang nama.

Mnejadi ketua pemuda KNPI tidak sekadar bergaya-gaya. Tapi harus membangun pemuda, mempersatukan pemuda dalam wadah KNPI yang bermartabat dan berwibawah. Anak-anak Asli Papua Selatan harus dikaderkan menjadi  calon pemimpin kedepan.

Sementara itu, Ketua Carateker KNPI Papua Selatan Jeferson Jemi Liunsanda, mengungkapkan, rapat pimpinan  paripurna daerah KNPI Papua Selatan dalam rangka mempersiapkan Musda KNPI PPS tersebut hanya 3 saja yakni menetapkan materi Musda sesuai AD/ART, kedua menetapkan peserta dan menetapkan waktu dan tempat pelaksanaan Musda I KNPI Papua Selatan.

Musda KNPI Papua Selatan yang nantinya digelar untuk memilih Ketua KNPI Provinsi Papua Selatan yang defenitif  untuk periode 3 tahun mendatang. (ulo)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version