Site icon Cenderawasih Pos

Prodi Kebidanan Biak Gelar Penyuluhan PHBS di SD YPPK Santo Yosep 3

Tampak anak-anak SD YPPK Santo Yosep 3 sedang melakukan aksi gosok gigi bersama di Halaman SD YPPK Santo Yosep 3

BIAK – Menyemarahkan Hari Kesehatan Nasional RI ke-59, 12 November 2023 dan Dies Natalis Program Studi Kebidanan Biak ke-14 tahun 2023, Program Studi Kebidanan dan Keperawatan Biak, Politeknik ( Poltekes ) Kementerian Kesehatan RI Jayapura melakukan kegiatan penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat ( PHBS ) di SD YPPK Santo Yosep 3 Biak, Senin,(6/11).

Ketua Program Studi D3 Kebidanan Biak, Politeknik Kementerian Kesehatan RI Jayapura,  Selina Boseren, S.ST, M.Kes, M.Keb mengatakan, kegiatan penyuluhan PHBS dilakukan untuk mengajarkan kepada anak-anak didik atau anak-anak usia belia agar memahami dan mengerti perilaku hidup bersih dan sehat sehingga bisa diterapkan dirumah masing-masing anak.    

“Dimulai dari diri sendiri, lingkungan keluarga dan tempat dimana mereka berada. Dengan demikian harapan kedepannya anak-anak kita, generasi penerus bangsa kita ini bisa hidup lebih baik dan lebih sehat,”ungkapnya kepada wartawan di sela-sela kegiatan penyuluhan PHBS yang dilakukan di SD YPPK Santo Yosep 3, Biak.

Menurutnya, kegiatan yang sama hendaknya dilakukan pada beberapa sekolah sekaligus tetapi terkendala pada waktu pelaksanaan kegiatan yang sangat mepet dan anggaran yang mendukung pelaksanaan kegiatan-kegiatan tersebut yang sangat terbatas sehingga pihaknya hanya memusatkan kegiatan – kegiatan yang dilakukan di wilayah pelayanan Puskesmas Ridge Biak.

Di tempat yang sama, Sekertaris Program Studi Keperawatan Biak, Esti Sami Asih, S.Pd ( Bio ), S.ST, M.Kes mengatakan, pihaknya lebih memilih melaksanakan kegiatan – kegiatan menyongsong Hari Kesehatan Nasional RI ke-59 di Kabupaten Biak Numfor di wilayah pelayanan Puskesmas Ridge karena Kampus Kebidananan dan Keperawatan Politeknik Kementerian Kesehatan RI Jayapura Kampus Biak berada di wilayah pelayanan Puskesmas Ridge.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi Kebidanan Biak, Inggrita Uli Manik, S.ST saat melakukan penyuluhan meminta kepada anak-anak untuk menjaga kesehatan diri, rumah dan lingkungan sebagainya.

“Anak-anak tidak boleh kena asap rokok, kuku di potong pendek, mandi 3 kali dalam satu hari, cuci tangan sebelum makan, setelah buang air atau memegang sesuatu yang kotor, konsumsi dan jajanan yang sehat,”tuturnya.

Usai mengikuti peyuluhan PHBS anak-anak SD YPPK Santo Yosep 3 melakukan aksi sikat gigi bersama menggunakan Pepsodent di Halaman SD YPPK Santo Yosep 3 Biak (ren )

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version