Site icon Cenderawasih Pos

Pembelajaran Literasi dan Numerasi Penting untuk Tingkatkan Mutu Pendidikan

Kepala Sekolah yang tergabung dalam K3S dan guru yang tergabung dalam KKG di Wilayah Pembangunan 3 Kabupaten Jayapura saat mengikuti Bimtek Pembelajaran Literasi,  yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura melalui Bidang Pendidikan SD dibuka Kabid  SD Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura Slamet Riyadi, S.Pd.,M.Pd, di SDN Inpres I Nimbokrang 2, Kamis (16/11)kemarin. (foto:Priyadi/Cepos)

Melihat Bimtek Pembelajaran Literasi Wilayah Pembangunan 3 Kabupaten Jayapura

Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura melalui Bidang Pendidikan SD terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan peserta didik jenjang SD/MI melalui Pembelajaran Literasi melalui dorongan K3S dan KKG Kabupaten Jayapura.

Laporan Priyadi – Sentani

Komitmen Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Pendidikan untuk meningkatkan pelayanan pendidikan sehingga berdampak pada kecerdasan peserta didik terus dilakukan. Salah satunya dengan memberikan bimbingan teknis pembelajaran literasi dan numerasi,  yang diberikan dalam Bimtek digelar kolaborasi dengan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) jenjang SD/MI Kabupaten Jayapura tahun 2023.

  Bimtek Penguatan Kapasitas Pemda Dalam Pemulihan Pembelajaran Literasi  dibuka oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura Eqberth Kopeuw, didampingi Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura Slamet Riyadi, S.Pd.,M.Pd, dan berlangsung di Hotel Grand Sentani, Kamis (9/11/2023).

Dalam Bimtek ini juga diberikan pendampingan untuk pembelajaran literasi di wilayah pembangunan 3 Kabupaten Jayapura yang dihadiri Ketua K3S Wilayah Pembangunan  3 Kabupaten Jayapura Sunyono, S.Pd., dan Ketua K3S Gugus 17, 18, 19, & 20, Sujono Effendi, S.Pd.,M.Pd, yang berlangsung di SDN Inpres I Nimbokrang 2. Dengan tujuan  meningkatkan kompetensi pada guru dan kepala sekolah tentang literasi dan numerasi.

Terlihat guru dan kepala sekolah di wilayah pembangunan 3 Kabupaten Jayapura sangat antusias mengikuti Bimtek.

Kepala Bidang Pendidikan SD Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura Slamet Riyadi, S.Pd.,M.Pd., mengatakan, tujuan dilakukan Bimtek Pembelajaran Literasi khususnya untuk K3S dan  KKG di wilayah 3 Kabupaten Jayapura tentu ini rangka  meningkatkan literasi dan numerasi, karena literasi masih agak rendah sehingga ini harus terus ditingkatkan.

Sasarannya memang di wilayah pembangunan 3. Untuk KKG di 52 sekolah, kemudian untuk K3S ada di  36 sekolah. Oleh sebab itu, melalui kumpulnya para guru dan kepala sekolah melalui Bimtek pembelajaran literasi ini diharapkan bisa meningkatkan literasi bagi keduanya.

“Guru mempunyai pengetahuan tentang literasi dan numerasi. Semoga melalui kegiatan ini menggugah pemikiran untuk selalu mengembangkan diri dalam pembelajaran peserta didik,”ucapnya.

Bimtek Pembelajaran Literasi ini untuk meningkatkan literasi dan numerasi,  khususnya membaca, pengenalan huruf kepada peserta didik yang terus dilakukan oleh guru dan kepala sekolah,  supaya semua peserta didik  bisa maksimal dalam belajar, sehingga  peserta didik dapat menguasai semua pembelajaran yang diberikan di sekolah.  Seperti untuk SD harus bisa membaca, Calistung dan lainnya.

“Kegiatan ini sangat penting kita lakukan di semua Wilayah Pembangun 1,2,3 dan 4  Kabupaten Jayapura, karena kita bersyukur K3S dan KKG saat ini sudah diberikan dana yang bersumber dari  Dana Alokasi Umum (DAU), diharapkan ini bisa memberikan motivasi dan semangat para guru dan kepala sekolah dalam meningkatkan pembelajaran literasi dan kemudian diajarkan lagi ke peserta didiknya dengan demikian, peserta didik dalam hal membaca maupun lainnya bisa lebih optimal,”pesannya.

Di tempat yang sama, Ketua K3S Wilayah Pembangunan 3 Kabupaten Jayapura Sunyono, S.Pd.,mengakui, untuk di wilayah pembangunan 3 Kabupaten Jayapura sendiri dalam meningkatkan pembelajaran literasi memang ada kendala, yakni tempat guru dan kepala sekolah tidak sama dan0 saling berjauhan,  sehingga dalam mengatur waktu untuk melakukan pertemuan agak susah, sehingga solusinya dilakukan pertemuan sebulan sekali  dan jika tidak memungkinkan dilakukan secara zoom meeting.

Sementara itu, Ketua K3S wilayah Gugus 17, 18, 19 & 20 Pembangunan 3 Kabupaten Jayapura Sujono Effendi mengatakan, pembelajaran literasi berjalan lancar dan rutin terjadwal setia satu bulan sekali dan selama ini memang masih ada kendala yakni terkait letak geografis berjauhan sehingga akses tidak cepat dan kendala kedua juga termasuk jaringan karena komunikasi menggunakan jaringan sehingga informasi tidak sampai.

Menurutnya, untuk literasi di wilayah yang ditangani di 4 gugus tidak ada masalah dan dengan adanya tambahan dana tentu lebih semangat lagi dalam mendukung kegiatan literasi dan pihaknya juga telah melakukan lomba literasi seperti sudut baca di kelas masing-masing ini juga mendapat apresiasi yang sangat luar biasa. (*)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version