Site icon Cenderawasih Pos

Potensi Korsleting Diminimalir,  Armada dan SDM Pemadam Harus Ditingkatkan

Abisai Rollo Ketua DPRD Kota Jayapura. (foto:Karel/Cepos)

Abisai Rollo, SH., MH

Ketua DPRD Kota Jayapura Abisai Rollo soal Kasus Kebakaran Beruntun di Awal Tahun

Kejadian kebakaran, baik yang disengaja maupun tidak yang secara beruntun terjadi di Kota Jayapura pada awal tahun 2024 ini, menarik perhatian Ketua DPRD Kota Jayapura Abisai Rollo. Lantas apa yang harus dilakukan agar kebakaran ini tidak lagi terulang?

Laporan: Carolus Daot_Jayapura

Belakangan ini intensitas kasus kebakaran di Kota Jayapura memang cukup tinggi. Bahkan menurut data Damkar Kota Jayapura, sampai 11 Januari 2024 kemarin kasus kebakaran di Kota Jayapura mencapai 11 kasus. Data itu belum dihitung dengan kasus kebakaran yang terjadi di lingkaran Abepura, Minggu (14/1) kemarin.

  Merespon kejadian ini, Ketua DPRD Kota Jayapura Abisasi Rollo menegaskan pihak PLN harus segera melakukan evaluasi dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Terutama dalam menyikapi persoalan kebakaran yang terjadi akhir akhir ini di Kota Jayapura. Termasuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait instalasi listrik yang aman.

  “Saya minta PLN harus tinjau kondisi jaringan listrik di Kota Jayapura, karena kasus kebakaran di Kota Jayapura ini cukup berentetan, mirisnya sebagian besar terjadi akibat korsleting jaringan listrik,” tegasnya, Minggu (14/1) kemarin

  Selain itu dia juga minta agar masyarakat harus selalu waspada dengan situasi yang ada, terutama saat beraktifitas di dalam rumah. “Jangan anggap remeh dengan kasus kebakaran, kalau lagi aktifitas di dalam rumah, perhatikan secara baik, seperti kompor, maupun jaringan listrik, jangan juga melakukan sambungan listrik secara liar,” tandasnya.

  Sebab hal itu sangat fatal, dan rentan terjadinya kebakaran. Apalagi dengan melihat perkembangan pembangunan di Kota Jayapura yang semakin pesat. Maka masyarakat diharapkan untuk selalu berjaga jaga, agar tidak merugikan orang lain.

  “Hampir sebagian besar rumah kita di Kota Jayapura ini berdempetan, jadi kita harus berhati-hati, jangan sampai karena kelalaian kita, akan berimbas pada orang yang ada di sekitar kita,” tuturnya.

  Diakui Abisai Rollo bahwa kasus kebakaran di Kota Jayapura belakangan ini memang terjadi secara berentetan, namun tidak kemudian membangun spekulasi negatif ataupun interpretasi liar akan situasi tersebut. Masyarakat diminta untuk mempercayakan sepenuhnya atas setiap kasus yang ada ini kepada pihak yang berwajib untuk melakukan penyelidikan.

  “Tidak boleh bangun spekulasi secara liar, karena hal itu akan berdampak terjadinya konfliks sosial, tapi kita percayakan itu kepada aparat Kepolisian untuk melakukan penyelidikan,” tandasnya.

  Oleh karena itu, kepada aparat kepolisian, Abisai Rollo  yang juga  Ketua DPD Golkar Kota Jayapura itu meminta agar dapat menyelidiki kasus kebakaran di Kota Jayapura ini secara teliti. Selain itu, harus mengungkapkan hasil penyelidikannya kepada masyarakat. Sehingga masyarakat tidak membangun opini, yang berujung terjadinya konflik sosial di tengah masyarakat itu sendiri.

  “Harus betul-betul diselidiki, kenapa kasus kebakaran di Kota Jayapura ini terjadi secara berentetan, kalau memang karena korsleting listirik atau apapun itu harus diungkapkan kepada masyarakat,” ujarnya.

Tidak hanya itu Abisai Rollo juga minta kepada Pemerintah Kota Jayapura, agar dorong peningkatan SDM Damkar Kota Jayapura. Bahkan dia meminta agar setiap Distrik di Kota Jayapura wajib menyediakan mobil Armada, ataupun alat pemadam kebakaran yang lain.

  “Sekarang Damkar itu sudah menjadi OPD tersendiri, Saya minta pemerintah dorong peningkatan SDM Damkar, mobil damkar itu harus disediakan di setiap distrik, sehingga saat ada kebakaran mereka (Damkar red) dengan cepat datang ke lokasi,” ujarnya.

  Hal itu lanjutnya memudahkan pihak Damkar dalam menangani peristiwa  kebakaran di Kota Jayapura. Dengan pendekatan fasilitas pemadam dengan masing-masing wilayah di distrik di Kota Jayapura, diharapkan lebih efekti penanganan bila terjadi kebakaran.  Pasalnya lalu lintas di Kota Jayapura saat ini cukup padat juga, jangan sampai tingkat kemacetan yang cukup tinggi ini juga menjadi penghambat  mobilitas mobil pemadam kebakaran.

  “Jangan sampai saat peristiwa kebakaran tim pemadam kebakaran lama tangani, karena macet, jadi saya harap pemerintah dapat menyiapkan alat pemadam kebakaran di 5 Distrik di Kota Jayapura,” pungkasnya. (*/tri)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version