Site icon Cenderawasih Pos

Warga Port Numbay Bisa Dilayani di RSUD Jayapura

drg Aloysius Giyai (foto:Elfira/Cepos)

drg. Aloysius Giyai: Pj Wali Kota Jayapura Siap Bayar Tunggakan Tahun ini

JAYAPURA – Direktur rumah sakit umum daerah (RSUD) Jayapura, drg. Aloysius Giyai, M.Kes, mengklaim telah bertemu Pj Wali Kota Jayapura untuk membahas tindak lanjut penyelesaian kartu Port Numbay Sehat.

“Saya sudah bertemu Pj Wali kota terkait persoalan ini, nanti dilihat masalah administrasinya dan tunggakan lima bulan saat tahun 2023 segera dibayarkan tahun ini,” kata Aloysius saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos, Kamis (21/3) kemarin.

Aloysius mengaku dirinya sudah perintahkan Plt Wadir Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUD Jayapura agar pasien Port Numbay dilayani dengan keringanan yang ada.

“Warga Port Numbay yang tidak memiliki BPJS kita layani saja namun diperketat kelengkapan administrasinya, takutnya kejadian serupa terulang lagi,” ucapnya.

Lantas apakah pasien rujukan Port Numbay bisa ditagih langsung ke Pemkot ? Aloysius menerangkan bisa saja, namun pihaknya memverifikasi kembali lagi kelengkapan klaim data administrasinya.

“Sebab teman teman Dinas Kesehatan Kota Jayapura juga akan diaudit jika membayar tanpa memenuhi syarat itu menjadi masalah. Saya sudah perintahkan staf saya agar verifikasi ulang datanya dan lengkapi administrasi yang kurang,” kata Aloysius.

“Sepulang dari Jakarta, saya mengecek lagi sejauh mana kita melengkapi administrasi. Sebab Pj Wali Kota Jayapura siap membayar tunggakan tahun ini,” sambungnya.

Selain itu, Aloysius juga meminta pasien harus mematuihi aturan yang berlaku. Dalam berobat harus melengkapi persyaratan yang berlaku misalnya KTP, kartu keluarga atau surat keterangan tidkak mampu. “Terkadang sebagian pasien yang datang berobat tidak membawa aspek itu juga,” pungkasnya.

Diketahui, sebelumnya RSUD Jayapura menghentikan sementara pelayanan pasien Otsus Port Numbay Sehat hingga adanya kesepakatan bersama antara Dinas Kesehatan Kota Jayapura dan pihak rumah sakit.

Aloysius menerangkan, penghentian sementara pelayanan pasien Otsus Port Numbay Sehat bermula tunggakan Agustus hingga Desember tahun 2023 yang belum juga dibayarkan Dinkes Kota Jayapura ke pihak rumah sakit. (fia)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version