Site icon Cenderawasih Pos

Sah, Tiga Politisi Wakili Papua ke Senayan

Tiga Politisi utusan dari Provinsi Papua akhirnya lolos ke DPR RI. Adapun ketiga politisi tersebut yakni Benhur Tomy Mano (PDIP), Yan Mandenas (Gerindra) dan Tony Tesar (Nasdem).

Yan Mandenas Raih Terbanyak, Diikuti Toni Tesar dan BTM

JAYAPURA– Tiga Politisi utusan dari Provinsi Papua akhirnya lolos ke DPR RI. Adapun ketiga politisi tersebut yakni Benhur Tomy Mano (PDIP), Yan Mandenas (Gerindra) dan Tony Tesar (Nasdem).

Ketiganya dipastikan lolos ke DPR RI setelah meraih suara terbanyak dari masing-masing Parpol.

Lolosnya ketiga putra terbaik Papua ini sesuai hasil pleno rekapitulasi perhitungan suara dari 8 Kabupaten dan satu Kota di Provinsi pada pleno tingkat Provinsi Papua.

Sementara itu dari pantaun Ceposonline.com ditempat pleno KPU Provinsi Papua dimana sesuai rekapitulasi suara dari 9 Kabupaten/Kota khusus DPR RI telah selesai dilakukan.

Yan Mandenas kini meraih terbanyak dengan perolehan suara individunya sebanyak 80.884 suara. Dengan akumulasi suara partai sebanyak 110.961 suara. Politisi Gerinda ini akhirnya kembali melenggang ke Senayan.

Kemudian ada mantan Bupati Kepulauan Yapen Tony Tesar diurutan kedua suara terbanyak secara individu dengan peroleh suaranya sebanyak 66.722 suara. Dengan akumulasi suara partai sebanyak 99.418 suara.

Kemudian, Benhur Tomi Mano meraih suara ketiga secara individu dengan perolehan suara sebanyak 61.434 suara.

Namun secara akumulasi suara partai, Benhur Tomi Mano yang maju dari Partai PDI Perjuangan ini meraih suara terbanyak dengan total suara sebanyak 154.548 suara.

Mantan Wali Kota Jayapura 2 periode ini kini lolos ke DPR RI untuk pertama kalinya.  Ia berhasil mengalahkan dua pesaing beratnya di PDI Perjuangan yakni, Baharudin Farawowan yang hanya meraih suara sebanyak 32.364.  Kemudian, Rut Naomi Rumkabu dengan perolehan suara sebanyak 51.729.

“Saya berterima kasih kepada Tuhan Yesus atas hasil ini, sehingga atas campur tangannya, saya bisa meraih suara terbanyak di Pemilu 14 April 2024 lalu,”ucap Benhur Tomi Mano ketika dihubungi Ceposonline.com, Selasa (19/3) malam.

Mantan Wali Kota Jayapura ini menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh masyarakat Papua.

Lebih khusus kepada masyarakat di 8 Kabupaten dan 1 Kota di Provinsi Papua yang sudah memberikan dukungan suaranya kepada dirinya.

Pasalnya atas dukungan suaranya dari masyarakat tersebut, sehingga dirinya bisa lolos ke DPR RI utusan dari Provinsi Papua.

Pria yang biasa disapa BTM ini belum banyak memberikan komentar, karena masih menghargai proses yang kini masih berjalan di KPU hingga nanti pleno penetapan di KPU RI tuntas.

Namun ia berjanji akan ada waktu khusus untuk untuk memberikan komentar sekaligus ucapan syukurnya dengan masyarakat.

“Sekali lagi saya ucapkan syukur kepada Tuhan Yesus dan juga kepada semua masyarakat di 1 Kota dan 8 Kabupaten di Provinsi Papua,”ujar BTM. (ans/wen)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version