Site icon Cenderawasih Pos

Sudah Bulat Ingin Jadikan Papua Provinsi Olahraga

Pertemuan Wapres  Ma'ruf Amin dengan para tokoh olahraga di Papua, di Stadion Lukas Enembe. (foto:Elfira/Cepos)

JAYAPURA – Berkunjung di Stadion Papua Bangkit di hari ketiga kunjungan kerja di Papua, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, sempatkan dialog dengan anak anak Papua yang sedang latihan bermain bola di lokasi tersebut, Rabu (11/10).

Obrolan singkat itu dilakukan usai Wapres berdialog dengan para tokoh olahraga di Papua. Bahkan terlihat Wapres juga sempat menendang bola di Stadion Papua Bangkit.

Wapres menegaskan, pemerintah sudah bulat ingin menjadikan Papua sebagai provinsi olahraga.

“Pemerintah sudah bulat ingin menjadikan Papua sebagai provinsi olahraga, keinginan kita menjadikan Papua sebagai provinsi olahraga lantaran banyak talenta-talenta di Papua. Bahkan, banyak yang menjadi juara di berbagai cabang olahraga. Bukan saja tingkat  nasional, melainkan juga tingkat internasional dan potensinya juga besar,” ucap Wapres kepada wartawan dalam keterangan persnya.

Terkait dengan pengembangan olahraga di Papua sebagai provinsi olahraga, Wapres menyatakan, dari segi aturan landasannya sedang digodok untuk menjadi aturan  seperti Keputusan Presiden (Keppres), atau Instruksi Presiden (Inpres).

“Nanti akan ada landasan itu, kemudian langkah lengkah berikutnya sudah disusun dimana  pengembangan olahraga akan terus dikembangkan. Sesuai dengan masukan dan kajian dari lembaga sendiri, serta masukan dari pihak Papua sendiri,” teragnya.

Menurut Wapres, Papua memang sudah dinyatakan sebagai Provinsi Olahraga. Hal ini dianggap wajar karena Papua sukses dalam menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional (PON yang dibuka langsung oleh Presiden Jokowi.

“Kemarin Papua dianggap sukses menyelenggarakan PON, yang dibuka langsung Presiden dan saya yang menutupnya. Saya menyaksikan sendiri bagaimana kehebatan Papua dalam menyambut olahraga,” ungkap orang nomor dua di Indonesia ini.

Dikatakan Wapres, Pemerintah juga melakukan hal yang besar dengan membangun stadion  yang megah.

  “Ini mungkin salah satu stadion yang termegah di Indonesia, jangan sampai stadion ini tidak termanfaatkan dan menjadi terbengkalai. Bahkan harus mengeluarkan biaya pemeliharaan yang besar tetapi tidak termanfaatkan secara optimal,” tegasnya.

Selain itu, Wapres juga memuji bahwa di Papua banyak talenta talenta terbaik. Entah itu di sepak bola maupun cabor yang lainnya, dan masyarakat Papua memang cinta olaraga.

“Bahkan di Papua saya dengar ada lapangan timbul tenggelam yang mungkin di daerah lain itu tidak ada,” kata Wapres.

Wapres juga meminta pembangunan olahraga di Papua harus dioptimalkan, selain itu. Dengan kemegahan stadion Papua Bangkit itu. Wapres meminta untuk dipelihara dan memanfaatkannya dengan baik.

“Oleh karena itu saya minta Kementrian Pemuda dan Olahraga, Menko dan Wamenko untuk kita bicarakan. Karena persoalan utamanya adalah persoalan dana. Oleh karena itu, selain dana dari Pemda dan dana dana Otsus, harus dicari dana dana yang selain itu yaitu dari industri olahraga itu sendiri,” ungkapnya.

Wapres juga setuju perlu adanya ivent besar dan perlu dikelola secara profesional, hal ini sebagaimana yang sudah diterapkan di luar negeri dimana stadion dikelola orang yang profesional, dan diharapkan seperti itu.

“Bisa juga mengajak negara tetangga untuk menggunakan stadion ini, saya kira stadion semegah dan sebesar ini kita bisa manfaatkan dengan cara cara kreativitas yang tinggi,” pintanya. (fia/dil/wen)

Exit mobile version