Site icon Cenderawasih Pos

Tiga Sektor Jadi Fokus Pembangunan Jangka Panjang di Papua

Kepala Bappeda Provinsi Paua Yohanis Walilo (kiri) usai kegiatan di Kantor Gubernur Papua. (foto: Elfira/Cepos)

JAYAPURA-Pemerintah Provinsi Papua mulai menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045, yang dihadiri stakeholder terkait, Selasa (30/1). Dalam rancangan awal penyusunan RPJPD ini, ada tiga sektor yang menjadi fokus pembangunan jangka panjang untuk Papua ke depan.

  Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Papua, Yohanis Walilo menyebutkan, tiga sektor tersebut meliputi pendidikan, kesehatan dan ekonomi. “Berbicara soal manusia pasti arahnya ke tiga sektor itu, sementara sektor lain menjadi pelengkap ketiga sektor tersebut,” ucap Walilo, kepada wartawan.

  Ia mencontohkan di sektor pendidikan, misalkan pembangunan jangka panjang difokuskan untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi. Dengan demikian, anak-anak Papua kedepannya tidak perlu lagi kuliah di luar daerah atau bahkan di luar negeri.

  “Selama ini mungkin kualitas perguruan tinggi di Papua belum bagus, jadi banyak yang memilih kuliah ke luar. Jika ke depan sudah bagus, berarti tidak perlu lagi anak-anak kita keluar Papua, sehingga dari sisi pembiayaan dan waktu lebih efektif,” ucapnya.

  Lanjut Walilo, kendati demikian, penyusunan RPJPD Papua tetap diselaraskan dengan Rencana Induk Percepatan Pembangunan Papua (RIPPP). Termasuk keselarasan terhadap dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) dan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

  “Nanti lihat indikatornya dari RPJPN dan RIPPP, dan tentunya kita harus diskusi sebelum RPJPD ini ditetapkan dan dijalankan,” ujarnya.

  Walilo tak memungkiri jika pembangunan jangka panjang 20 tahun terakhir berjalan tanpa ada rencana induk, melainkan hanya berdasarkan Undang-Undang Otsus. “Tidak ada peraturan pemerintah turunannya sebagai petunjuk teknis, karena itu kedepan kita mau ada perubahan dari sebelumnya untuk Papua lebih baik kedepannya,” pungkasnya. (fia/tri)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version