Site icon Cenderawasih Pos

Lukaku Mengukir Quattrick, Sekaligus Top Skor di Kualifikasi Euro 2024

Selebrasi gol Romelu Lukaku dalam ajang kualifikasi Piala Eropa 2024 melawan Azerbaijan. (akun X (@livescore)

BERGIA Belgia menutup perjalanan mereka di kualifikasi Piala Eropa 2024 dengan kemenangan gemilang 5-0 atas Azerbaijan.

Dilansir dari rtbf.be pada Senin (20/11), pertandingan dilaksanakan di King Baudouin Stadium pada Senin (20/11) pukul 00.00 WIB.

Kapten Romelu Lukaku mencuri perhatian dengan mencetak empat gol, menyegel kemenangan yang mengukuhkan posisi Belgia sebagai pemuncak klasemen Grup F.

Dalam laga lainnya di Grup F, Belgium menggempur Azerbaijan dengan skor akhir 5-0, membuktikan dominasi mereka di Kualifikasi Euro 2024.

Tambahan satu gol dari Leandro Trossard pada menit ke-90 menambah keunggulan Setan Merah. Dengan 20 poin,

Belgia kokoh di puncak klasemen, mengungguli Austria dan Swedia.

Prestasi empat gol Romelu Lukaku dalam satu pertandingan tidak hanya menjadi sorotan utama, tetapi juga menciptakan sejarah baru.

Dalam hal ini, penyerang AS Roma itu mencetak 14 gol dari 8 pertandingan selama Kualifikasi Euro 2024, menjadikannya top skor sementara.

Romelu Lukaku, dengan 80 gol bersama Setan Merah juga menunjukkan dominasinya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah tim.

Jalannya Pertandingan

Babak pertama

Di babak pertama, Belgia menguasai 74 persen penguasaan bola. Penguasaan bola tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh Belgia, yang berhasil membuka keunggulan pada menit ke-17.

Romelu Lukaku menyambut umpan silang dari Jeremy Doku dengan sundulan ke sudut kiri gawang Azerbaijan, berhasil membobol kiper Shahrudin Mahammadaliyev.

Situasi menjadi semakin buruk bagi tim tamu setelah Eddy Israfilov melakukan dua pelanggaran dalam lima menit, yang berujung pada pemberian dua kartu kuning.

Wasit akhirnya mengusir Israfilov pada menit ke-24. Dengan keunggulan jumlah pemain, Belgia semakin tak terbendung.

De Rode Duivels berhasil menambah keunggulan pada menit ke-26.

Kombinasi antara Jeremy Doku dan Timothy Castagne menghasilkan umpan terukur bagi Lukaku, menuntaskan peluang dengan tembakan keras ke sudut kiri gawang tanpa bisa dihalau oleh kiper.

Romelu Lukaku mencetak hat-trick pada menit ke-30 setelah menerima umpan lambung dari Wout Faes, dengan menyundul bola ke sudut kiri gawang Azerbaijan.

Tidak puas sampai di situ, Romelu Lukaku kembali menambah gol pada menit ke-37.

Striker Roma tersebut berhasil menuntaskan umpan terobosan dari Orel Mangala dengan tembakan ke sudut kanan gawang, yang mengelabui shahrudin mahammadaliyev.

Skor 4-0 menutup babak pertama dengan keunggulan bagi Belgia.

Babak Kedua

Pada babak kedua, Belgia hanya menambah satu gol melalui Leandro Trossard pada menit ke-90.

Pemain Arsenal itu menuntaskan umpan silang dari Doku yang datang dari sisi kanan.

Pertandingan hanya diwarnai pergantian pemain tanpa adanya ancaman yang signifikan. Skor 5-0 bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain Belgia Vs Azerbaijan

Belgia (4-3-3): Koen Casteels, Wout Faes, Jan Vertonghen (Ameen Al Dakhil 83′), Arthur Theate (Alexis Saelemaekers 59′), Timothy Castagne, Orel Mangala, Aster Vranckx (Youri Tielemans 46′), Jeremy Doku, Johan Bakayoko (Yannick Carrasco 59′), Leandro Trossard, Romelu Lukaku (Lois Openda 46′).

Azerbaijan (4-4-2): Shakhrudin Magomedaliyev, Elvin Jafarguliyev (Qismet Aliyev 46′), Anton Krivotsyuk, Rahil Mammadov, Hojjat Haghverdi, Eddy Israfilov, Tural Bayramov, Aleksey Isayev (Joshgun Diniev 46′), Emin Makhmudov (Elvin Jamalov 76′), Mahir Emreli (Nari).

Sumber: Jawapos

Exit mobile version