Site icon Cenderawasih Pos

Uruguay vs Kolombia, Duel Dua Tim Produktif yang Akan Saling Mengalahkan

Kolombia menjadi salah satu tim produktif di Copa America 2024 (sumber foto: Instagram/ @fcfseleccioncol)

JAKARTA– Argentina melangkah ke partai final Copa America 2024 setelah menyikat Kanada 2-0. Mereka tinggal menunggu hasil antara pertarungan Uruguay melawan Kolombia yang masih harus berjuang untuk meraih satu tempat di pertandingan final Copa America 2024.

Kedua tim akan bertemu di pertandingan semifinal yang akan berlangsung pada Kamis (11/7) pukul 07.00 WIB di Stadion Bank of America, Carolina Utara, Amerika Serikat.

Pertandingan dua tim yang telah tampil mengesankan di Copa America 2024 ini juga menyimpan beberapa fakta, sebagaimana dilansir dari situs Copa America pada Rabu (10/7):

  1. Bertemunya dua tim produktif

Kolombia telah berhasil mencetak 11 gol dalam ajang Copa America tahun ini. Sementara itu, sembilan gol telah dicatatkan oleh Uruguay dan hanya kebobolan satu gol.

  1. Uruguay punya pertahanan tangguh

Lini belakang yang dihuni pemain sekelas Ronald Araujo dari Barcelona dan penjaga gawang Sergio Rochet membuat pertahanan Uruguay hanya kebobolan satu gol saat melawan Panama di fase grup. Hal tersebut menyamai rekor La Celeste saat menjadi juara Copa America 1959 di Ekuador.

  1. Kolombia berambisi cetak rekor baru

Saat ini 11 gol berhasil dicetak oleh Kolombia di Copa America 2024. Hal tersebut pernah mereka raih pada edisi Copa America tahun 1975 dan 2001. Jika tim asuhan Nestor Lorenzo tersebut mampu mencetak gol di pertandingan semifinal maka dipastikan rekor baru akan tercipta.

  1. Uruguay lebih banyak menang saat bertemu Kolombia di Copa America

Kedua tim telah bertemu sebanyak 12 kali sepanjang Copa America digelar. Uruguay telah memenangkan enam pertandingan, sementara La Tricolor berhasil meraih 5 kemenangan. Selain itu, satu pertandingan harus berakhir seri.

  1. Kolombia tujuh kali mencapai babak semifinal

Sejak Copa America menggunakan format baru pada tahun 1993, Kolombia sudah berhasil masuk babak semifinal sebanyak tujuh kali. Mereka berhasil menjadi juara saat tahun 2001 dengan mengalahkan Honduras 2-0 di babak semifinal dan menang 1-0 atas Meksiko di pertandingan final.

  1. Pertemuan dua pemain yang paling banyak menciptakan peluang

Pertandingan semifinal akan semakin menarik saat James Rodriguez akan beradu kreativitas dalam menciptakan peluang bersama pemain Uruguay Nicolas De La Cruz. Saat ini James Rodriguez memimpin dengan 14 kali dalam menciptakan peluang untuk timnya. Sementara Nicolas De La Cruz sudah 13 kali dalam mencatatkan hal tersebut.

Kekuatan tim asuhan Marcelo Bielsa sedikit berkurang jelang menghadapi duel panas melawan Kolombia. Lini belakang Uruguay yang hanya kebobolan satu gol itu harus kehilangan Ronald Araujo dan Nahitan Nandez.

Salah satu pemain belakang andalan Uruguay yaitu Ronald Araujo harus absen karena cedera saat melawan Brasil di babak perempat final dan kemungkinan akan absen hingga turnamen berakhir. Sementara itu, Nahitan Nandez harus absen karena menerima kartu merah di pertandingan sebelumnya.

Terakhir kali Kolombia mencapai babak final adalah tahun 2001 dan Uruguay di Copa America tahun 2011. Kedua tim saat itu berhasil meraih gelar juara di tahun tersebut. Pertandingan ini juga menjadi duel antar pelatih asal Argentina. (*)

Sumber: Jawapos

Exit mobile version