Site icon Cenderawasih Pos

Pemkot Mulai Sweeping, Gandeng Aparat

Aparat gabungan yang terdiri dari TNI Polri dan Satpol PP termasuk Dinas Perhubungan kota Jayapura saat melakukan sweeping kendaraan di sepanjang jalan utama di Kota Jayapura Rabu (17/7), kemarin (foto: Mboik Cepos)

JAYAPURA– Ketegasan PJ Wali Kota Jayapura, Christian Sohilait, rupanya tidak sekedar ancaman belaka. Selain menyiapkan rantai besi dan gembok di mobil dinasnya, PJ Wali Kota Jayapura telah memerintahkan jajarannya melakukan sweping kendaraan di jalan-jalan umum di kota Jayapura.

Bahkan aparat gabungan TNI POlri hingga satpol PP kota Jayapura Adapun kendaraan yang menjadi target sweeping kali ini adalah, kendaraan yang terparkir di pinggir-pinggir jalan utama kota Jayapura.

“Hari ini kita mulai laksanakan penertiban,  ini kan kita menghindari macet juga.  Kalau mobil mobil kita tertibkan macet juga akan berkurang.  Tadi saya sudah terima laporan di Abe semua sudah bersih, di Jayapura Selatan masih ada satu. Di Polres juga sudah mulai bersih,”kata Christian Sohilait, saat memimpin apel sweeping kendaraan disepanjang jalan umum kota Jayapura, Rabu (17/7) kemarin.

Dia mengatakan terkait penertiban kendaraan-kendaraan tersebut pemerintah kota Jayapura sudah bekerjasama dengan Kementerian Hukum dan HAM melalui rumah penyimpanan benda sitaan negara yang terletak di batas kota Jayapura dan juga Kabupaten Jayapura.

Lanjut dia, dalam sweeping yang mulai dilakukan oleh pemerintah kota Jayapura ini pihaknya fokus untuk menegakkan aturan terhadap masyarakat atau pemilik kendaraan yang selalu memarkirkan kendaraannya di sembarang tempat.

Diakuinya, untuk menegakkan aturan ini memang butuh kerja keras dan turun langsung.  Selain itu juga rutin ikut melakukan pengawasan di lapangan.  Kemudian yang tidak kalah penting adalah memberikan efek jera melalui penegakan aturan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kenapa kita libatkan bapak ibu sama sama disitu. Karena jangan sampai tangkap begini tentara,  masalah lagi, kalau tentara ya POM turun, mainkan.  Ada orang yang mengerti tetapi banyak yang tidak mengerti.  Langsung nada tinggi naik dan itu paling sering terjadi. Kalau polisi, ya ada polisi. Karena itu mulai hari ini kita lakukan penertiban tetap kita pada tataran yang sopan santun tapi tegas,”ujarnya.

Karena itu dia meminta kepada tim yang melakukan sweeping ini supaya tidak pandang bulu dalam bertindak termasuk Apabila ada anggota TNI Polri yang tetap melanggar,  supaya disampaikan langsung kepada PJ Walikota Jayapura itu.

“Saya sudah bicara langsung dengan Pak Kapolda,  Pangdam, Danrem.  Ini kita mau tertibkan kota jadi semua harus tunduk kepada aturan di kota ini,”pungkasnya.

Pantauan koran ini, sweeping ini dimulai dari gerbang kantor walikota Jayapura dan dilanjutkan ke ruko di kota Jayapura, sejumlah kendaraan berhasil diamankan. Seperti kendaraan angkot dan  kendaraan plat hitam. Petugas langsung mengamankan kendaran kendaraan tersebut menggunakan mobil derek. Kegiatan itu akan dilanjutkan Kamis (18/7) hari ini. (roy/wen)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version