Site icon Cenderawasih Pos

10 Unit Bus Damri Disulap Jadi Angkutan Gratis Bagi Masyarakat Mimika

Armada mini bus milik DAMRI saat terparkir rapai pada peluncuran Angkutan Umum Gratis di halaman Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Rabu (27/3/2024). (Foto: Cenderawasih Pos/Moh. Wahyu Welerubun). 

MIMIKA – Sebanyak 10 unit armada minibus Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (DAMRI) milik DAMRI Cabang Mimika disediakan guna memberikan pelayanan transportasi angkutan umum gratis bagi masyarakat Kabupaten Mimika.

  Ini merupakan sinergitas antara Perusahaan Umum (Perum) Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (DAMRI) Cabang Mimika bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Perhubungan.

Kepala Perum DAMRI Cabang Mimika Markus Randan memaparkan pelayanan angkutan gratis bus DAMRI ini punya dua wilayah rute yakni dalam kota dan pelabuhan poumako.

“Rute dalam kota ada 6 rute, dan satu rute kota ke poumako, semua pelayanan gratis kita bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Mimika.

“Sepenuhnya ini disubsidi Pemkan Mimika, jadi gratis, tidak dipungut biaya,” katanya saat ditemui di Kantor Pusat Pemerintahan Mimika, Rabu (27/3/2024).

  Markus mengatakan layanan angkutan gratis ini untuk seluruh masyarakat Mimika tidak hanya anak sekolah, namun pekerja maupun umum bisa menikmatinya. Adapun jam operasional angkutan umum gratis ini milai pukul 06.00 WIT dari Senin sampai Sabtu, sedangkan hari Minggu libur.

“Jam operasional mulai pukul 06.00 WIT, mulai aktivitas anak sekolah sama masyarakat hingga terpenuhi 8 rit (satu kali perjalanan kendaraan dari tempat asal ke tempat tujuan) baru kembali ke kantor (DAMRI),” ungkap Markus.

  Markus menyebut, soal pemberhentian atau halte khusus, angkutan hanya akan berjalan sesuai dengan rute. Jika kosong maka masyarakat bisa langsung baik.

  Markus melanjutkan, khusus trayek dalam kota ke pelabuhan poumako tersedia empat unit namun hanya melayani saat kapal Pelni masuk ke pelabuhan.

  Kemudian, Assisten I Setda Kabupaten Mimika Roberth Kambu yang hadir mewakili Bupati Mimika Eltinus Omaleng untuk meluncurkan program angkutan gratis ini mengatakan hadirnya angkutan gratis ini ke wilayah kota dan Tertinggal, Terluar, Terpencil (3TP).

  Ia berterima kasih kepada Dinas Perhubungan Darat yang ada di daerah yaitu Balai Pengelola Transportasi Darat mengenai angkutan umum gratis tersebut.

“Ini akan menunjang aktivitas masyarakat dan secara tidak langsung dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi baik regional maupun nasional, sehingga mempermudah mewujudkan sistem transportasi yang berkelanjutan dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan sekitarnya,” katanya.

  Dengan adanya program ini menunjukkan komitmen pemerintah agar masyarakat dapat merasakan manfaat dan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) secara langsung, yang dalam jangka panjang, dapat memperkuat ekonomi rakyat. ( mww)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version