Site icon Cenderawasih Pos

Ada Pemalakan di Gerbang Pelabuhan Poumako Setiap Kapal Masuk

Suasana dermaga pelabuhan Poumako saat kedatangan kapal pada arus balik, Senin (15/4/2024). (Foto: Cenderawasib Pos/Moh. Wahyu Welerubun). 

MIMIKA – Kondisi keamanan di pelabuhan Poumako semakin memprihatikan dengan adanya aksi pemalakan yang kerap terjadi di gerbang masuk kawasan pelabuhan setiap adanya kedatangan kapal.

Pantauan media ini di Pelabuhan Poumako, Senin (15/4/2024), aksi pemalakan ini dilakukan oleh oknum masyarakat sendiri dalam keadaan mabuk akibat mengkonsumsi minuman beralkohol.

  Setiap ada kendaraan roda empat yang masuk tak segan-segan mereka pun memberhentikannya dan mengetuk kaca jendela mobil lalu meminta uang. Warga yang datang ke pelabuhan sering dibuat resah akibat ulah oknum-oknum masyarakat itu.

“Tadi saya sempat adu mulut sama mereka (oknum-oknum pelaku pemalakan). Mereka minta-minta uang dan harus dikasih sesuai dengan yang mereka minta,” kata Glen, seorang pengemudi saat ditemui di parkiran pelabuhan.

Tak hanya Glen, setiap kendaraan roda empat yang masuk pasti menjadi sasarannya. Bahkan, petugas dan kepala Pelni pun turut jadi korban.

Kepala PT Pelni Cabang Timika, Rachmansyah Chaidir mengaku, saat masuk gerbang meski dirinya sudah menurunkan kaca dan memberitahu kepada oknum-oknum tersebut namun mereka tetap memaksa untuk memintai uang.

“Ada yang bilang biar orang Pelni lagi,” ujarnya meneruskan celoteh oknum tersebut.

Rachmansyah mengaku, tindakan ini bukan baru pertama, namun setiap ada kedatangan kapal, oknum-oknum tersebut selalu siaga di gerbang masuk Pelabuhan Poumako.

Ia pun berharap agar kondisi keamanan di kawasan tersebut lebih ditingkatkan lagi. Hal ini juga diharapkan dapat menjadi atensi pemerintah khususnya dinas terkait.

Sementara itu, Pelabuhan Poumako sendiri diketahui belum memiliki fasilitas-fasilitas penunjang layaknya pelabuhan di daerah lainnya.

Keterlambatan ini disebabkan oleh masalah sengketa tanah yang sampai saat ini masih digodok oleh pemerintah daerah.

Fasilitas-fasilitas penunjang seperti terminal penumpang, ruang tunggu, parkiran, tempat kontainer,  portal masuk hingga MCK (Mandi, Cuci Kakus). Akibatnya, pelabuhan Poumako hingga kini tidak tertata rapi dan masih jauh dari standar. Termasuk masalah keamanan. (mww)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version