Site icon Cenderawasih Pos

Pagu Anggaran OPD  Berkurang Akibat Pemilu   

Parson Horota (foto:Priyadi/Cepos)

SENTANI– Sukseskan penyelenggaraan Pemilu di tahun 2024 tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Oleh karena itu wajar jika di Kabupaten Jayapura dana APBD TA 2024 banyak terserap untuk dana hibah Pemilu,  yang diberikan kepada penyelenggara Pemilu maupun pihak keamanan. Hal ini dikatakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Jayapura Parson Horota, Jumat (16/2) kemarin.

Parson mengungkapkan, walaupun demikian untuk pelayanan dasar yang diberikan kepada masyarakat Kabupaten Jayapura tetap menjadi prioritas,  seperti program Dinas PUPR Kabupaten Jayapura peningkatan jalan produksi, jalan lingkungan, jalan utama dan sarana air bersih,  tetapi diprogramkan dengan baik.

Juga Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura dalam penanganan stunting maupun pelayanan kesehatan juga masih menjadi program prioritas,  karena ini kebutuhan masyarakat. Disamping itu, program kesejahteraan masyarakat tetap dilakukan melalui OPD terkait.

“Memang pagu anggaran pada OPD di Kabupaten Jayapura mengalami penurunan walaupun APBD 2024 kita ada sedikit kenaikan, namun kita ada alokasi anggaran kepentingan Pemilu, penambahan pegawai guru dan kesehatan, serta pembiayaan gaji seleksi P3K yang telah lulus seleksi nasional dan gajinya dibayar Pemkab termasuk P3K yang direkrut dari Kabupaten Jayapura. Semua gajinya menjadi tanggung jawab Pemkab Jayapura,”ungkapnya.

Parson menjelaskan, setiap perangkat daerah tentunya pagu anggaran memang menurun dan jumlahnya memang berbeda-beda disesuaikan dengan prioritas program kegiatannya.  Ia mencontohkan untuk Bappeda Kabupaten Jayapura sendiri dulu mengelola dana Rp 14 miliar kini  jadi Rp 10 miliar.

  Selain itu, nanti kursi legislatif di Kabupaten Jayapura menjadi 30 kursi dari 25 kursi di periode sebelumnya karena penambahan jumlah penduduk dan Dapil. Belum ditambah lagi kursi dewan pengangkatan khusus dari Otsus ada 8 orang tentu ini menjadikan tambahan pagu dana di Pemkab Jayapura.(dil/ary)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version