Site icon Cenderawasih Pos

Danlantamal Akui Satu Anggotanya Maju  Pilkada 

Brigjen  TNI (Mar) Lukman, ST, M.Si (Han)  ( FOTO: Sulo/Cepos )

MERAUKE-Komandan Lantamal  XI  Merauke  Brigjen  TNI (Mar)  Lukman, ST, M.Si (Han)    mengakui salah satu   anggotanya   berpangkat  perwira  menengah   berniat maju sebagai  bakal Calon Bupati  Merauke periode 2021-2026  dalam  Pilkada  serentak 9 Desember 2020.  

   Menurut Danlantamal,  anggotanya  yang akan maju dalam pertarungan   Pilkada di Merauke  itu telah melapor kepada pihaknya  dan pihaknya sudah sampaikan  ke  komando  atas. Dari komando  atas,  lanjut  Danlantamal  sudah mendapat  persetujuan  untuk  maju  dalam Pilkada  serentak di Merauke   tersebut. ‘’Yang bersangkutan   sudah  mendapatkan  izin,’’ kata   Danlantamal Brigjen Lukman.    

   Namun untuk mundur dari  prajurit  TNI Angkatan Laut tersebut, jelas   Danlantamal, apabila   yang bersangkutan  telah ditetapkan sebagai calon. “Kalau izinnya  sudah diberikan. Sesuai  dengan ketentuan, yang  bersangkutan wajib  menyatakan  mundur  apabila  sudah ditetapkan  sebagai   calon  bupati  oleh Komisi Pemilihan Umum  (KPU).” ujarnya. 

    Artinya, apabila  yang bersangkutan   tidak   ditetapkan  oleh KPU sebagai calon  bupati karena  masalah “perahu” (dukungan parpol), maka   yang bersangkutan   kembali   aktif sebagai prajurit.  Danlantamal  Brigjen  TNI Lukman  menegaskan  bahwa   sesuai  aturan yang ada   sudah sangat  jelas  dimana  prajurit  harus  netral dan tidak  berpolitik  praktis. Untuk diketahui,  salah satu anggota Lantamal XI Merauke yang menyatakan maju mencalonkan diri sebagai bakal   calon bupati  Merauke  tersebut   saat ini berpangkat letnan kolonel. (ulo/tri)   

Exit mobile version