Site icon Cenderawasih Pos

Panduan dan Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas

Sumber: Freepik

Keyword: HP tidak bisa di cas

Meta deskripsi: Masalah HP tidak bisa di cas memang bisa menyebabkan panik. Ikuti langkah berikut ini untuk mengatasinya!

Bagaimana jika tiba-tiba HP tidak bisa di cas? Masalah ini memang bisa membuat siapa saja panik. Padahal HP yang tidak bisa atau gagal di cas tidak berarti HP rusak. Bisa saja memang ada masalah yang menyebabkan proses charging gagal dilakukan.

Ketika mengalami masalah ini, jangan panik! Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memperbaiki HP yang gagal atau tidak bisa di cas. Apabila tak kunjung membaik, segera bawa ke tukang servis agar kerusakan HP tak semakin parah.

Mengapa HP Gagal di Cas?

Sumber: Freepik

Ada beberapa penyebab mengapa HP bisa gagal di cas, mulai dari masalah teknis karena perangkat charger yang rusak, hingga masalah software. Masalah tersebut tak serta merta membuat HP langsung rusak.

Apabila karena masalah teknis, biasanya mengganti charger jadi pilihan yang tepat agar HP bisa digunakan kembali. Serupa dengan masalah software, melakukan uninstall juga bisa membuat HP bisa di cas kembali. Namun tak semua masalah HP tidak bisa di cas bisa diperbaiki, beberapa memang harus diganti pirantinya.

Cara Mengatasi HP Gagal di Cas

Sumber: Freepik

Melakukan Restart

Cara pertama yang direkomendasikan adalah dengan melakukan restart pada HP. Dengan cara ini, sistem HP yang sebelumnya eror bisa normal kembali. Sebelum menyalakan HP kembali, ada baiknya tunggu sejenak sampai HP dingin.

Periksa Kabel Charger

Setelah mematikan atau melakukan restart HP, seharusnya HP bisa di cas langsung. Tapi jika gagal, bisa jadi masalahnya ada pada perangkat charger yang digunakan. Periksa terlebih dahulu apakah ada kabel USB yang eror atau terlipat. Karena bisa saja masalah tersebut membuat piranti charger tak bisa digunakan.

Update OS

Bisa jadi masalah HP tidak bisa di cas karena ada beberapa aplikasi yang tidak update. Hal ini secara tak langsung bisa menyebabkan proses charging gagal dilakukan. Oleh karenanya, Anda disarankan untuk melakukan update OS terlebih dahulu sebelum proses charging dilakukan.

Periksa Baterai

Apabila semua kondisi piranti charging dalam keadaan baik, maka kemungkinan masalahnya ada di baterai ponsel. Karena tak bisa dibongkar, periksa kesehatan baterai dengan menggunakan aplikasi khusus. Anda juga bisa langsung membawa HP ke tempat service untuk mendapatkan perbaikan.

Cara Membuat HP Lebih Awet

Sumber: Freepik

Sumber: Freepik

Agar HP lebih awet dan tidak mudah rusak, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Tips ini cukup mudah dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Bersihkan Port Charging

Ketika HP tidak bisa di cas, bisa jadi ada bagian piranti charging yang kotor. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk membersihkan port charging secara teratur. Pastikan tidak ada debu yang menempel, sehingga slot charging dengan HP bisa langsung tersambung.

Menggunakan Casing

Selain memastikan kesehatan baterai serta piranti chargingnya, perhatikan pula fisik HP. Gunakan casing untuk melindungi HP dari goresan, benturan, maupun kotoran. Saat ini sudah banyak desain softcase maupun hardcase HP yang bisa di custom sesuai kebutuhan, sehingga tampilan casing pun jadi kian menarik.

Hati Hati Saat Menarik Port Charging

Ketika selesai melakukan charging, jangan sembarangan mencabut port charging. Lakukan secara lembut agar tidak ada bagian slot charging yang rusak. Karena saat ada bagian yang rusak, maka port USB bisa rusak dan mengalami eror.

Usahakan Tidak Overheat

Saat menggunakan HP, usahakan untuk tidak menggunakannya secara berlebihan. Overheat bisa mengakibatkan HP cepat panas dan gampang rusak. Saat menggunakan HP, pakai sewajarnya, jangan menggunakannya untuk melakukan multitasking secara terus menerus.

Merawat HP memang tidak sulit, namun banyak orang yang tidak melakukannya sampai HP tidak bisa di cas atau mengalami masalah lain. Padahal merawat HP bisa dimulai dengan memasang casing atau pelindung HP.

Anda bisa mendapatkan pelindung HP yang ekonomis di layanan jasa desain casing. Selain punya harga yang terjangkau, Anda pun memiliki keleluasaan untuk memilih desain case HP sesuai selera. Jika tertarik, kunjungi laman berikut ini untuk mendapatkan layanan desain case HP terpercaya.

Dengan menggunakan casing HP yang memiliki desain menarik, Anda tak hanya bisa mencegah kerusakan pada HP, tapi juga membuat HP terlihat kian menawan. Semoga dengan informasi HP tidak bisa di cas diatas, Anda jadi lebih tertarik untuk merawat HP sebaik mungkin. (*)

Sumber: Freepik
Sumber: Freepik

 

Exit mobile version