Site icon Cenderawasih Pos

Pastikan Tak Ada Korban Jiwa di Amuma

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo

JAYAPURA – Meski sebelumnya sudah ada penjelasan dan ketegasan dari Bupati Yahukimo, Didimus Yahuli terkait data dan jumlah korban di tiga distrik di Yahukimo akibat longsor maupun persoalan pangan namun pihak Polda akhirnya mengkonfirmasi dengan mengirimkan tim mengecek langsung untuk memastikan informasi terkini.

Hasilnya tak jauh berbeda dengan yang disampaikan bupati bahwa memang tak ada korban jiwa di Amuma dan ini berbeda dengan informasi di media yang menyebut ada sejumlah  warga yang meninggal akibat kelaparan.

Menurut Kombes Pol. Benny, setelah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Yahukimo terkait antisipasi dan penanganan bencana yang terjadi di Distrik Amuma, pihaknya memastikan bahwa tidak ada korban meninggal dunia akibat kelaparan di wilayah tersebut.

“Hal ini kami ketahui setelah berkoordinasi ulang dan memeriksa kembali data yang dilaporkan kepada kami. Dari data yang kami peroleh, sepanjang tahun 2023 hingga saat ini, warga di Distrik Amuma yang meninggal semua karena kondisi normal baik karena sakit maupun lanjut usia,” jelas Kabid Humas, Jumat (27/10).

Kombes Pol. Benny melanjutkan bahwa data dari Dinas Kesehatan mencatat bahwa sebanyak 22 orang telah meninggal sejak bulan Januari hingga Oktober 2023, namun tidak ada laporan mengenai warga yang meninggal dunia akibat bencana kelaparan.

Akan tetapi akibat cuaca ekstrem sehingga gagal panen, masyarakat setempat perlu mendapatkan bantuan. “Oleh karena itu, kami ingin menyampaikan bahwa tidak ada bencana kelaparan yang terjadi di Distrik Amuma, Yahukimo. Kami juga memberikan dukungan penuh kepada Pemerintah Daerah dalam menjaga kestabilan pangan di Tanah Papua,” ungkap Kabid Humas.

Informasi ini diharapkan dapat memberikan kejelasan dan menghilangkan kekhawatiran masyarakat terkait situasi di wilayah tersebut. Polda Papua dan pemerintah setempat berkomitmen untuk menjaga kesejahteraan masyarakat dan mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi, termasuk masalah kelaparan yang berkaitan dengan kekeringan dan hasil panen yang kurang memadai.

  “Penanganan lanjut segera disiapkan dan kami juga akan terus memantau perkembangan dan pendistribusian bahan makanan yang masuk ke distrik – distrik ini,” tutupnya. (ade/wen)

Exit mobile version