Site icon Cenderawasih Pos

Berangkatkan 1.349 Penumpang dari Jayapura

KM Labobar saat sandar di Pelabuhan Jayapura, Kamis (9/11) kemarin. (foto:Elfira/Cepos)

JAYAPURA – KM Labobar akhirnya sandar di Pelabuhan Jayapura, Kamis (9/11) setelah insiden kebakaran di Dek 7 pada Jumat, (3/11). Saat berlayar dari Pelabuhan Balikpapan menuju Pelabuhan Pantoloan Palu.

Berdasarkan data kepolisian, KM Labobar sandar di Pelabuhan Jayapura sekira pukul 12:45 WIT. KM Labobar menurunkan penumpang sebanyak 1.215 orang dan bongkaran kontener 6 unit. Selanjutnya pada pukul 16.00 WIT, KM Labobar diberangkatkan dengan jumlah penumpang naik sebanyak 1.349 orang.

Adapun rute yang dilalui KM Labobar yakni Jayapura – Serui – Nabire – Manokwari – Sorong – Ternate – Bitung – Pantoloan – Balikpapan – Surabaya (PP).

General Manager Pelni Cabang Jayapura Selamat Yanuardi menyampaikan, sesuai jadwal harusnya KM Labobar tiba di Jayapura pada Rabu (8/11). Namun dikarenakan insiden kebarakan, menyebabkan bergeser ke Kamis.

“Akibat insiden kebakaran tersebut, Jadwal KM Labobar bergeser, dari jadwal semula tiba di Jayapura pada Rabu kini bergeser ke Kamis,” ucap Selamat saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos.

Sementara itu, terkait dengan insiden kebakaran KM Labobar, Yanuardi mengimbau warga yang berlayar dengan menggunakan transportasi laut untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan.

“Insiden kemarin disinyalir akibat puntung rokok yang dibuang di tong sampah, padahal sudah sering petugas kapal mengingatkan agar tidak membuang puntung rokok atau membuang sampah sembarangan,” terangnya.

Yanuardi juga menyampaikan bahwa insiden kebakaran terjadi di Dek 7, dalam waktu 15 menit sudah bisa diantisipasi. Tak ada kerusakan, hanya saja skoci kena semburan api.

“Sejauh ini tidak ada kendala atau kerusakan, hanya keterlambatan dalam berlayar saja,” katanya.

Dalam pelayaran KM Labobar, Yanuardi mengimbau para penumpang untuk lebih hati hati. Puntung rokok tidak dibuang sembarangan, hal ini untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan.

Sebelumnya, KM Labobar kebakaran pada Jumat (3/11/2023) pagi, sekira pukul 14.30 WITA, saat berlayar dari Pelabuhan Balikpapan menuju Pelabuhan Pantoloan Palu. (fia/wen)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version